7 Jenis Marmer Termahal di Dunia, Kamu Punya Yang Mana?

Hai sobat blog...

Saat ini, batu marmer tengah menjadi material yang paling dicari-cari orang. Bukan hanya pesonanya, batu marmer dikenal memiliki segudang fungsi yang membuatnya sangat bernilai di mata masyarakat terutama di kalangan para sultan.

Marmer alias batu pualam merupakan bebatuan hasil metamorfosa atau malihan dari batuan asalnya yaitu batu kapur (batu gamping). Bahkan, beberapa jenis batu marmer membutuhkan waktu selama ribuan hingga jutaan tahun untuk bisa ditemukan di area tertentu dengan jumlah yang terbatas alias langka.

Marmer langka yang ditemukan pada sebuah tambang belum tentu bisa ditemukan lagi di kemudian hari. Biasanya, marmer tersebut memiliki warna atau corak yang unik yang tidak bisa ditemukan pada jenis marmer lainnya meskipun berasal dari tambang yang sama. Inilah yang membuat harga batu marmer sangat mahal.

Berikut daftar 7 jenis marmer termahal di dunia

Dari penjelasan di atas, terdapat beberapa jenis marmer yang memiliki harga tinggi karena kalangkaannya. Apa saja itu? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut hingga tuntas ya!

1. Blue Monterrey



Jenis marmer langka yang pertama adalah Blue Monterrey. Seperti namanya, marmer ini memiliki warna biru yang sangat memukau, kuat dan menonjol. Dengan melihat marmer ini, kita seakan tengah memandangi hamparan samudra biru yang luas.

Warna biru tersebut memberi kesan yang sangat eksklusif sehingga membuatnya berbeda dengan warna marmer lainnya. Marmer langka ini hanya tersedia dalam jumlah sangat sedikit di dunia. Wajar jika harganya sangat mahal. Di Indonesia, satu-satunya perusahaan marmer yang memiliki jenis marmer eksklusif ini adalah Fagetti.

2. Brèche du Benou



Kemudian ada Brèche du Benou yang turut masuk dalam katergori jenis marmer langka dunia. Jika dilihat dari sisi fisiknya, kita tidak akan menjumpai warna hitam maupun putih dalam marmer ini, melainkan warna warna hijau tua, kuning, dan juga merah muda.

Marmer ini berasal dari Prancis dan menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena keunikannya tersebut. Banyak bangunan mahal dan mewah di dunia menggunakan Brèche du Benou sebagai salah satu bagian dari interior maupun eksteriornya. Salah satu bangunan berharga di Paris yang menggunakan marmer ini untuk dekorasinya adalah istana Versaille yang dahulunya merupakan kediaman para raja.

 3. Thassos White Extra



Selanjutnya ada marmer thassos white extra. Marmer thassos ini dari merupakan salah satu dari sekian banyak marmer yang memiliki warna dasar putih. Yang membedakannnya adalah marmer Thassos white extra ini sangat polos tanpa guratan sedikitpun.

Tak hanya itu, marmer ini menjadi sangat eksklusif karena kesan yang dihadirkan tampak begitu cerah, sangat halus dan alami. Marmer jenis ini cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan rumah elegan dan terkesan bersih.

4. Belgian Black



Marmer langka yang selanjutnya adalah Belgian Black. Marmer jenis ini cenderung berwarna gelap dan sebagaimana namanya dan berasal dari Belgia. Meski dikenal memiliki warna hitam pekat, beberapa marmer Belgian Black juga masih memiliki semacam bintik-bintik putih sebagai motifnya.

Kesan yang elegan dan mewah menjadikan marmer jenis Belgian Black ini sangat cocok jika diaplikasikan sebagai dinding rumah atau digunakan mabel-mabel lainnya seperti kitchen set.

Tak hanya itu, nilai estetik dari marmer ini pun tak perlu diragukan lagi. Apalagi proses pembuatannya yang sedemikian teliti dan hati-hati turut menjadikan Belgian Black ini sedemikian langka dan berharga.

5. Black Italian Portoro



Lanjut, Black Italian Portoro merupakan salah satu jenis marmer dengan latar warna gelap yang paling banyak dicari. Meski memiliki warna dasar hitam dan gelap, Black Italian Portoro ini tidak hanya menyajikan warna hitam polos saja melainkan juga terdapat guratan berwarna emas dan juga guratan putih yang tentu membuat marmer ini menjadi tampak lebih mewah dan juga elegan.

6. Statuario



Jenis marmer langka lainnya yang juga cukup digemari adalah Marmer Statuario. Jenis marmer statuario ini didapatkan di penambangan kuno daerah Carrara di Italia. Marmer jenis Statuario ini memiliki warna dasar putih namun sedikit transparan dan terdapat gurat berwarna abu-abu soft yang membuat marmer ini menjadi tampak lebih elegan dan juga kokoh.

Meski sebagian marmer tergolong langka sehingga mahal dengan akses terbatas. Namun sebagian besar jenis marmer yang lain masih relatif mudah untuk bisa di akses. Dengan peluang pasar yang masih terbuka lebar, bisnis marmer bisa menjadi ide bisnis online di masa pandemi.

7. Sicilian Diaspro



Terakhir, ada marmer Sicilian Diaspro. Batuan ini memiliki warna yang sulit diprediksi, terkadang dapat merah tua hingga kuning dengan guratan putih yang langka. Kombinasi keunikan warnanya ini lah yang membuat Sicilian Diaspro menjadi sangat dicari karena berbeda.

Sicilian Diaspro ditemukan di wilayah pegunungan di Custonaci, Trapani, yang membuatnya menjadi salah satu jenis marmer dari Italia yang langka dan mahal harganya. Apalagi karena marmer ini tidak ditemukan di semua tambang, melainkan dicari dengan menggali di beberapa tempat. Dahulunya batuan ini merupakan incaran para penguasa yang kerap digunakan oleh para seniman.

Itulah 7 jenis marmer termahal di dunia, apakah kamu memiliki salah satunya?

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya