Deretan Batuk Akik Termahal yang Masih Menjadi Incaran Para Kolektor

Hai sobat blog...

Siapa sih yang gak kenal sama batu akik?

Pada tahun 2015 silam, batu akik pernah menjadi incaran di Indonesia loh. Hal itu bermula ketika Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan hadiah batu akik jenis bacan kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Pemberitaan pun meluas hingga akhirnya publik nasional maupun internasional mengetahui bahwa SBY dan Obama sama-sama menggunakan batu akik jenis bacan. Selain SBY dan Obama, konon Sultan Hasanal Bolkiah raja Brunei pun menggunakan batu bacan ini.

Setelah batu bacan terkenal, batu akik dari jenis batu-batu yang lain pun ikut ramai dan menjadi bahan buruan para kolektor batu akik. Melihat hal itu, masyarakat awam pun ikut-ikutan latah menyukai batu akik. Akibatnya, harga batu akik saat itu langsung melambung tinggi.

Namun, penjualan batu akik semakin menurun dan hingga kini menukik tajam menjadi sepi. Tidak cuma peminatnya, harganya pun ikut menurut. Bahkan,harga emban atau logam pengikatnya juga sangat anjlok.

Meski demikian, batu akik memang memiliki keindahan tersendiri yang mampu menghipnotis para penikmatnya. Bahkan, terdapat 8 jenis batu akik termahal yang masih menjadi incaran para kolektor hingga membuat mereka mencari ke berbagai daerah yang diyakini sebagai tempat asal jenis batu akik itu.

Berikut daftar 8 jenis batu akik termahal yang masih menjadi incaran para kolektor

1. Batu Akik Bacan Hijau



Batu akik jenis pertama yang masih menjadi incaran para kolektor adalah Bacan Hijau. Batu ini diketahui berasal dari Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara tepatnya di daerah Pulau Kasiruta.

Nama bacan diambil dari nama pulau tempat di mana batu ini diperjualbelikan yaitu Pulau Bacan. Tidak hanya kolektor lokal, batu akik yang memiliki nama ilmiah Krisokola ini juga sangat diminati oleh kolektor batu cincin dari mancanegara. Bahkan, jenis batu bacan ini digadang-gadang sebagai batu gioknya Indonesia.

Dahulu, batu ini merupakan batu perhiasan penting pada masa Kesultanan Bacan, Jailolo, Tidore dan Ternate. Jenis batu akik ini diyakini dapat bermetamorfosa secara alami sehingga semakin lama akan semakin Indah warnanya. Terdapat dua jenis batu akik bacan yang paling populer, yakni batu bacan doko dan batu bacan palamea.

2. Batu Akik Sulaiman



Lanjut ke batu akik sulaiman yang merupakan batu akik bertuah yang diyakini memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan intuisi dan membuka mata batin. Menurut cerita yang beredar, jenis batu cincin ini dinamakan batu akik Sulaiman karena Nabi Sulaiman AS pernah memakai jenis batu mulai tersebut.

Batu Akik yang memiliki corak atau motif garis melingkar selayaknya bola mata ini, memang memiliki keunikan tersendiri. Selain karena bentuk dan warnanya, energi batu akik ini juga dikenal sangat mudah sekali untuk menyatu dengan energi pada tubuh penggunanya.

Untuk menemukannya pun tidak sulit, sebab babtu akik jenis ini bisa ditemukan hampir seluruh daerah di Indonesia. Batu Akik Sulaiman juga sudah menjadi target para kolektor, seperti jenis madu, Daud, Wulung, Combong, Kuning, Emas, Hijau, Biru, Hitam, Pancawarna, Susu, Derajat, Kurung.

3. Batu Akik Safir



Ini adalah salah satu jenis batu akik termahal, namun tetap banyak diburu kolektor baru cincin. Selain warnanya yang begitu dikagumi, batu akik jenis ini juga dianggap memiliki khasiat bisa menenangkan jiwa atau pikiran. Hal ini yang membuat harga batu akik safir semakin mahal.

Batu Safir adalah varietas dari mineral Corundum yang berkualitas. Ia menjadi batu paling keras kedua setelah berlian, dengan tingkat kekerasan 9 skala Mohs. Untuk menemukannya pun agak sulit, sebab batu jenis ini hanya bisa ditemukan di beberapa lokasi di dunia. Adapun tiga daerah yang terkenal sebagai penghasil batu safir biru adalah Burma, Kashmir, dan Sri Lanka.

4. Batu Akik Zamrud



Batu Akik Zamrud yang berasal dari Kabupaten Lebak, Banten ini memiliki kualitas dunia, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat juga penyerapan lapangan pekerjaan.

Bahkan, jenis batu akik yang satu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu, dan telah dijadikan perhiasan sejak lama. Pada zaman kerajaan, salah satu batu akik termahal ini juga dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.

5. Batu Akik Topaz



Batu akik termahal selanjutnya adalah jenis Topaz yang terbentuk dari silikat mineral alumunium dan fluorine. Batu mulia ini ditemukan pertama kali di Portugis pada tahun 1768, yang ditemukan adalah jenis Imperial Topaz.

Topaz yang asli biasanya berwarna bening dan dingin namun dalam pembentukkan biasanya dipengaruhi oleh berbagai macam zat sehingga menghasilkan berbagai macam warna seperti biru, imperial, jingga, kuning dan juga kemerahan.

Jenis batu akik termahal ini banyak ditemukan di negara Brazil, Srilanka, Meksiko, dan Rusia. Selain itu, batu akik ini diyakini mampu mengurangi depresi bagi penggunanya.

6. Batu Akik Kalimaya (Black Opal)



Lanjut ke batu akik kalimaya. ang hanya ditemukan di Kabupaten Lebak, Banten. Nama kalimaya yang disematkan berasal dari lokasi tempat pertama kali batu itu ditemukan yakni di Kali Maja yang berada di kawasan Kecamatan Maja, Lebak, Banten.

Secara mendunia, kalimaya lebih populer dengan nama batu opal. Batu ini memiliki kelebihan karena dalam satu kalimaya (opal), kita dapat menyaksikan indahnya mirah delima, zamrud, topas, kecubung dan semua warna cemerlang dari batu permata lain. Bahkan, Shakespeare menyanjungnya sebagai “Queen of Gems” atau ratunya permata.

7. Batu Akik Kecubung Kalimantan



Batu akik kecubung atau ametis adalah jenis batu mineral kuarsa , yang banyak ditemukan di daerah Kalimantan. Umumnya, batu ini memiliki varian warna ungu dan merah darah. Berkat keindahan rupanya, kecubung banyak diburu oleh para kolektor, baik lokal mau pun luar negeri.

8. Batu Akik Kalsedon



Batu akik kalsedon merupakan bentuk kriptokristalin dari silika, terdiri dari mineral kuarsa dan moganit yang saling bertumpuk. Kuarsa dan moganit merupakan mineral silika, namun kuarsa memiliki struktur trigonal sedangkan moganit bersifat monoklinik. Struktur kimia dari chalcedony adalah SiO2.

Nama kalsedon berasal dari bahasa Latin chalcedonius (atau calchedonius). Istilah ini pertama kali ada pada karya Pliny the Elder, Naturalis Historia untuk menyebut batuan Jaspis yang transparan.Istilah ini kemungkinan terinspirasi dari nama kota Chalcedon di Asia Kecil. Namun istilah khalkedon (χαλκηδών) juga muncul dalam Book of Revelation.

Itulah seputar informasi mengenai 8 jenis batu akik termahal yang hingga kini masih diincar para kolektor. Kamu punya yang mana nih?

Komentar

  1. bagi dong satu min....
    wkwkwkwkwwkwkkkk
    pasti mahal kan ?

    BalasHapus
  2. katanya batu aki itu semakin mantap jika ada penunggunya didalam .
    ih...... seremmmmmm

    BalasHapus
  3. yg cocok utk perempuan yg mana yaa??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya