Batu Mustika Merah Delima | Asal-Usul, Ciri-Ciri, dan Khasiatnya

 


Bagi Kamu yang menyukai batu akik, jenis batu mustika merah delima mungkin sudah tidak asing lagi terdengar dan sering diperbincangkan. Pasalnya, batu yang satu ini merupakan jenis batu akik yang langka dan sangat sulit untuk di dapatkan.

Batu mustika merah delima sendiri adalah salah satu jenis batu mulia dari korundum berbahan aluminium oksida. Batu ini sering juga disebut di pasaran sebagai batu ruby kemeran. Warna merah yang muncul dari batu mustika merah delima diketahui berasal dari kandungan kromium yang ada di dalamnya.

Seperti yang telah disebutkan di atas, mustka merah delima adalah jenis batu akik berharga dan sulit untuk didapatkan, batu ini juga diketahui setara dengan jamrud, safir, intan, dan bacan. Oleh karena itu, Kamu pasti sudah bisa memperkirakan harga dari batu langka yang satu ini.

Untuk mengenal lebih jauh tentang mustika merah delima, berikut ini kami akan menyajikan informasi seputar batu berharga ini. Ikuti terus ya!

Asal-Usul Batu Mustika Merah Delima


Tak hanya di Indonesia, batu ini juga ada di negara Myanmar. Menurut masyarakat di sana batu mustika merah delima berasal dari sebuah bukit yang terletak di daerah pertambangan Mogok.

Sekitar abad 6 Masehi, diketahui pernah ada penemuansebongkah batu yang beratnya mencapai 32 kg yang diduga merupakan batu mustika merah delima. Bahkan hingga kini penambangan batu Merah Delima ini masih berlangsung dan masih sering ditemukannya batu Merah Delima yang berukuran kecil.

Akan tetapi, banyak orang yang menyebutkan bahwa batu yang berasal dari negara ini asli tapi palsu.

Beralih ke Indonesia, menurut RM. WAP. Diponegoro, Batu Merah Delima berasal dari biji Buah Delima yang umurnya ratusan tahun yang akhirnya membatu. Hal ini didasarkan pada penemuan beberapa fosil biji buah delima yang membatu dan setelah digerinda menjadi sebuah batu merah delima.

Ciri-Ciri Batu Merah Delima


Untuk mengetahui batu mustika merah delima, berikut ini adalah ciri-ciri yang bisa Kamu ketahui. Di antaranya:

  • Bentuknya kecil seukuran biji delima dan berukuran tidak besar. Jika besar, maka dapat dipastikan batu tersebut adalah palsu
  • Warna merah pada batu tanpa gelembung
  • Taruh batu merah delima dalam segelas air. Kemudian rendam , jika bias menembus 7 gelas sampai 21 gelas dan tidak hilang dalam waktu 1 bulan, maka batu tersebut  asli.
  • Keaslian dalam sebuah batu merah delima juga terletak pada kekuatanya. Instansi yang berwenang untuk mengujinya biasanya memiliki alat untuk mengetahui kekuatan batu merah delima. Jika batu itu tidak pecah saat di pukul dengan kekuatan tertentu, maka batu itu asli.
  • Batu cincin Merah Delima memiliki serat batu
  • Batu cincin Merah Delima terasa berat
  • Apabila bersentuhan dengan kulit, batu cincin Merah Delima, akan terasa dingin dibanding batu cincin lainnya

Khasiat Batu Mustika Merah Delima

1. Obat Sakit Gigi

Batu merah delima memiliki kegunaan yang luar biasa sama seperti manfaat akik teratai jika anda mengerti betul mengenai batu merah delima ini. Batu permata yang satu ini dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri yang ada pada gigi Kamu bahkan dapat mengobatinya.

Caranya yaitu Kamu tinggal merendam batu merah delima ke dalam air dingin dan mengompresnya pada pipi anda yang terhubung dengan letak gigi anda yang sakit. Kandungan mineral pada batu merah delima dapat membuat rasa nyeri yang ada pada gigi anda mereda. Dan jika anda meminum air rendaman batu tersebut maka bakteri yang menyebabkan anda sakit gigi akan hilang sehingga sakit gigi anda dapat sembuh.

2. Obat Awet Muda

Bagi Kamu yang selalu ingin tampil awet muda tanpa adanya keriput di kulit anda, anda dapat menggosokkan batu merah delima ini di wajah. Kandungan mineral serta ion yang terdapat pada batu ini fungsinya hampir sama dengan alat setlika wajah yang dapat menghilangkan keriput pada seperti manfaat batu akik sulaiman wajah serta meregenerasi sel wajah dengan cepat.

3. Melimpahkan harta

Ini merupakan salah satu hal yang paling banyak diminati orang, karena manfaat tersebut banyak sekali orang berlomba- lomba untuk mencari batu merah delima. Dipercaya bahwa dengan menggunakan batu merah delima yang disematkan pada cincin maka harta akan melimpah.

Sebenarnya Kamu dapat melimpahkan harta dengan melakukan bisnis penjualan batu merah delima, dengan begitu penghasilan Kamu akan selalu berlimpah karena harga batu merah delima sangatlah mahal.

Bagaimana, Kamu tentu sudah lebih mengenal tentang batu mustika merah delima bukan? Nah, itulah informasi seputar batu mustika merah delima yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya