Deretan Batu Permata Termahal di Dunia, Harganya Bikin Melongo!

 


Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk memiliki batu permata, khususnya para pecinta batu mulia. Memang, batu ini menjadi idola lantaran keindahan dan kesan mewah yang di pancarkannya. Maka dari itu, tak heran jika batu permata menjadi salah satu bahan yang sering dipakai dalam pembuatan perhiasan.

Namun, untuk memiliki batu ini tidaklah mudah. Pasalnya, Kamu harus mengeluarkan atau morogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan batu mahal ini. Tak tanggung-tanggung, harga batu ini diketahui bisa mencapai triliunan rupiah.

Berikut ini kami akan menyajikan informasi seputar deretan batu permata termahal di dunia. Simak ulasannya sampai selesai ya!

Deretan Batu Permata Termahal di Dunia

1. Red Diamond


Berlian merah menjadi salah satu batu permata termahal di dunia. Batu ini memiliki sifat mineral yang sama dengan batu tak berwarna yang jauh lebih umum. Ini merupakan salah satu permata termahal ditambang di Australia, Brasil, Rusia, dan beberapa negara Afrika.

Spesimen terbesar yang pernah ditemukan adalah Moussaieff Red Diamond. Ditemukan oleh penambang Brasil, batu kasar berukuran 13,9 karat. Batu yang dipotong berukuran 5,11 karat dan bernilai sekitar 20 juta dolar AS atau sekitar Rp285 miliar. Berlian merah biasanya dijual dengan harga sekitar 1 juta dolar AS atau senilai Rp14 miliar per karat.

2. Jadeite


Jadeite adalah salah satu mineral yang biasanya dipasarkan sebagai batu giok , batu yang telah dihargai di Cina, Selandia Baru, Mesoamerika, dan wilayah lain selama ribuan tahun. Mineral piroksen monoklinik, jadeite berwarna hijau cerah, padat, dan memiliki kekerasan skala Mohs 6,5 hingga 7,0.

Salah satu permata termahal di dunia, batu giok kualitas terbaik dapat dijual hingga $3 juta atau sekitar Rp42 miliar per karat. Batu itu menjadi berita utama pada tahun 2014 ketika kalung giok Hutton-Mdivani dijual seharga 27,44 juta dolar AS atau senilai Rp392 miliar di lelang Sotheby's Hong Kong. Kalung itu, yang mencakup 27 manik-manik besar, diberikan kepada desainer aslinya, Cartier.

3. Emerald


Jenis beryl, zamrud adalah salah satu batu hijau paling terkenal di dunia. Rona hijau disebabkan oleh sejumlah kecil kromium dan vanadium. Selain warnanya yang memukau, batu ini juga termasuk batu permata termahal karena kekerasannya, yaitu 7,5 hingga 8 skala Mohs.

Permata mewah ditemukan di Afghanistan, Brasil, Bulgaria, Kamboja, Mesir, India, Madagaskar, Pakistan, dan negara-negara lain. Zamrud tanpa cacat terbesar di dunia adalah Batu Zamrud Rockefeller, yang dijual seharga 5,5 juta dolar AS atau sekitar Rp78 miliar di lelang Christie pada tahun 2017.

4. Blue Diamond


Berlian biru yang dikenal sebagai Oppenheimer Blue memegang rekor harga per karat tertinggi, meskipun berlian Pink Star adalah permata termahal yang pernah dijual. Harga jual Oppenheimer Blue sebesar 57,5 juta dolar AS atau sekitar Rp821 miliar.

Sejumlah kecil boron memberi berlian biru warna khas mereka dan warna itulah yang mengelompokkan batu dikenal sebagai 'berlian warna mewah'. Batu-batu tersebut memiliki tingkatan mulai dari yang sempurna hingga yang disertakan. Batu permata termahal di dunia ditambang di Afrika Selatan, India, dan Australia.

5. Pink Diamond


Kelangkaan dan warna cantik berlian merah muda adalah dua alasan mengapa berlian ini termasuk di antara batu permata termahal di dunia. Batu-batu itu ditemukan di Australia, Brasil, Kanada, India, Siberia, Afrika Selatan, dan Tanzania. Meskipun ditambang di beberapa lokasi, permata merah muda ini sangat langka, hanya menyumbang 0,0001 persen dari berlian dunia.

Satu-satunya spesimen tanpa cacat dari batu permata paling berharga itu adalah Pink Star 59,60 karat yang terjual dengan harga luar biasa 71,2 juta dolar AS atau sekiraRp1 triliun. Permata itu dilelang Sotheby's Hong Kong pada tahun 2017. Putri Elizabeth bahkan (sekarang Ratu Elizabeth II) pernah menerima batu merah

Nah, itulah informasi seputar batu permata temahal di dunia yang bisa Kamu ketahui. Bagaimana, Kamu ingin memiliki salah satunya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya