Batu Petir: Jenis, Manfaat dan Cara Menguji Keasliannya

 


Batu petir merupakan salah satu batu yang banyak dipercaya masyarakat sebagai benda yang jatuh dari langit dan dijadikan sebagai batu permata. Meski begitu, pandangan atau pengetahuan masyarakat mengenai batu ini masih berbeda-beda atau sangat beragam.

Pasalnya, sebagian dari mereka ada yang menyebutkan bahwa batu petir sendiri muncul karena sambaran petir yang langsung menyambar bebatuan atau media lain. Namun, sebagian besar tidak percaya bahwa batu petir terbentuk dari hal tersebut.

Batu petir sendiri pada saat ini juga dikenal sebagai Batu Meteorit yang jatuh dari langit dan kerap dijadikan sebagai batu perhiasan, hingga pembuatan pusaka pada jaman dahulu seperti keris, pedang, dan juga tombak, hal tersebut karena diketahui bahwa jenis batuan tersebut memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi karena mengandung titanium di dalamnya.

Percaya atau tidak, hal itu memang terjadi di Indonesia, dan diketahui hingga saat ini memang terdapat cukup banyak orang yang konon katanya memang memiliki jenis batuan tersebut.

Kendati demikian, jika dilihat melalui kacamata ilmiah maka jenis batu ini merupakan jenis bebatuan yang muncul karena proses pembekuan dan juga penguapan pada partikel atau mineral yang terdapat di dalam tanah ketika elemen petir menyambar.

Maka dari itulah sudah dapat dipastikan bahwa bastu ini bukanlah merupakan batu yang jatuh dari langit melalui petir, melainkan batu yang memang terbuat dari proses pengkristalan akibat elemen petir menyambar objek seperti tanah.

Jenis Dan Warna Batu Petir

Mungkin tidak akan terlalu sulit untuk mengetahui jenis dan warna batu petir yang ada hingga saat ini. Hal itu karena jenisnya sendiri akan bergantung dari asal dan juga motif yang dimiliki oleh batu petir itu sendiri. Sebab, hingga saat ini jenis batu petir sendiri hanya berkembang menurut kepercayaan dari kalangan tertentu.

Motifnya sendiri diketahui memang sangat banyak dan juga beragam, namun untuk warnanya sendiri biasanya batu petir akan cenderung berwarna abu-abu, hitam, hingga ada juga yang berwarna putih.

Sedangkan ukurannya sendiri juga memang diketahui berbeda-beda karena ada yang memiliki ukuran kecil hingga ukuran yang memang besar, yang konon katanya dari setiap jenis, motif, dan juga warna batu petir tersebut memiliki manfaat atau khasiat yang juga berbeda-beda.

Manfaat Batu Petir

Keyakinan masyarakat sendiri tentang manfaat batu petir atau fulgurite ini akan berbeda-beda. Sebab,  tidak dapat dipungkiri jika masyarakat di Indonesia sendiri hingga saat ini masih banyak yang memiliki keyakinan terhadap berbagai pusaka yang berbau supranatural atau mistis.

Selain itu diketahui juga bahwa terdapat manfaat dan juga khasiat batu petir yang akan membantu para penggunanya, dimana konon katanya khasiat utama dari salah satu jenis batu mustika ini adalah untuk kekebalan tubuh atau untuk perlindungan dari segala marabahaya. Baik untuk perlindungan secara fisik maupun perlindungan dari berbagai energi atau aura negatif yang mengganggu.

Dan juga konon katanya batu mustika tersebut juga dapat digunakan untuk membantu pengobatan berbagai macam penyakit seperti Batu Petir yang digunakan Dukun Cilik Ponari.

Cara Menguji Keaslian Batu Petir

Sebenarnya soal mengetes keaslian batu petir tak perlu pakai cara ghaib, cukup mencium baunya. Sebab,  batu petir  tersebut ataupun air rendamannya akan berbau beperti belerang atau benda terbakar, karena batu petir asli terbentuk karena proses alam dan mengandung unsur panas.

Nah, itulah informasi seputar batu petir yang bisa Kamu ketahui. Jika Kamu tertarik dengan batu ini, usahakan agar mengujinya terlebih dahulu sebelum membeli. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya