Deretan Daerah Penghasil Batu Akik Terbaik di Indonesia

 


Indonesia memang menjadi salah satu negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Hal itu terbukti dengan melimpahnya logam mulia hingga batu akik kualitas terbaik yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Bahkan, sejumlah batu akik dari Indonesia ini sudah sangat terkenal dan menjadi incaran para kolektor batu akik dari berbagai penjuru dunia. Nah, jika Kamu salah satu penggemar dari batu akik, berikut ini kami akan menyajikan beberapa daerah di Indonesia yang menjadi pengahasil batu akik terbaik. Simak sampai habis ya!

Daerah Penghasil Batu Akik Terbaik di Indonesia

1. Takengon, Aceh


Sudah sejak lama Aceh memang dikenal sebagai penghasil batu alam jenis giok dengan kualitas terbaik di Indonesia. Kualitas giok Aceh pun telah diakui oleh negara lain, bahkan menempati peringkat ketiga setelah giok Burma dan Tiongkok.

Sejumah daerah penghasil giol paling terkenal di Aceh berada di kawasan Nagan Raya dan Takengon. Kedua daerah ini terkenal dengan motif dan bentuk gioknya yang beragam.

Tak perlu khawatir soal harganya karena kamu bisa menyesuaikan dengan bujet yang kamu punya. Rata-rata batu giok yang dijual di Aceh dibanderol dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

2. Solok Selatan, Sumatera Barat


Masih di Pulau Sumatera, ada lagi daerah penghasil batu akik terbaik yang wajib kamu tahu. Kabupaten Solok Selatan dikenal menyimpan ‘harta karun’ berupa batu permata yang telah mendunia.

Batu permata tersebut dikenal dengan sebuatan Batu Sungai Daerah atau nama resminya adalah Batu Idocrase. Batu Idocrase memiliki ciri berwarna hijau terang dengan motif totol lumut di dalam batunya.

Nama Batu Idocrase kian populer setelah beredar kabar yang menyebutkan kalau mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama juga mengenakan batu tersebut.

3. Baturaja, Sumatera Selatan


Baturaja jadi tempat berikutnya yang wajib kamu kunjungi bila ingin berburu batu akik. Di sana, kamu bisa menemukan batu akik yang berwarna ungu lavender.

Bukan hanya cantik, batu akik jenis ini juga memiliki harga jual yang sangat tinggi. Dengan kualitasnya yang sangat baik, batu akik satu ini diketahui sering memenangkan berbagai kontes.

4. Pulau Bacan, Maluku Utara


Bagi para penggemar batu akik pastinya sudah tak asing dengan nama Batu Bacan. Walaupun namanya batu bacan, batu ini bukan berasal dari Pulau Bacan melainkan dari Pulau Kasiruta yang terletak tak jauh dari Pulau Bacan.

Dulunya, para pedagang membawa batu ini ke Pulau Bacan yang merupakan ibu kota Kabupaten Halmahera Selatan. Makanya, banyak orang yang lebih mengenal batu ini dengan nama Batu Bacan.

Jika tertarik dengan batu cantik satu ini, kamu bisa berkunjung ke Labuha, kota terbesar di Pulau Bacan. Atau, kamu juga bisa menyambangi penambangannya langsung di Pulau Kasiruta.

5. Martapura, Kalimantan Barat


Martapura lebih dikenal sebagai penghasil intan terbesar se-Indonesia. Namun, bukan hanya intan, kota yang terletak di tepi Sungai Martapura ini juga menghasilkan batu alam jenis kecubung yang sangat indah. Batunya sendiri berwarna ungu dengan semburat kilauan yang menawan.

Selain warna ungu, ada pula batu kecubung berwarna merah. Kalau ingin berburu batu kecubung, cobalah datang ke pertokoan Cahaya Bumi Selamat Martapura (CBSM). Di sana, kamu bisa menemukan deretan kios yang menjual batu permata dan batu alam asli Borneo.

Nah, itulah informasi seputar deretan daerah pengahsil batu akik terbaik yang ada di Indonesia. Jika Kamu menginginkan batu akik berkualitas tinggi, silahkan datangi daerah-daerah yang tlah disebutakan di atas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya