Deretan Negara Penghasil Batu Permata Terbanyak di Dunia


Batu Permata atau batu mulia adalah sebuah mineral, batu yang terbentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor.

Batu Permata telah menarik perhatian umat manusia sejak dahulu kala, dan telah lama dimanfaatkan dan dibentuk dalam berbagai macam perhiasan. Hal yang utama dari sebuah batu permata adalah keindahannya.

Batuan permata dapat diketahui berdasarkan kualitas, kelangkaan dan keindahan warnanya. Setiap Keindahan dan daya tarik pada suatu batuan permata adalah dua hal yang bersifat subjektif. Masing-masing orang memiliki pendapat yang berbeda mengenai batu permata yang indah dan menarik.


Nah sobat bloger banyaknya Peminat batu ini membuat kita penasaran, sebenarnya dari mana sih asal batu  batu cantik ini ditemukan ? yuk simak ulasan dibawah ini


Ada beberapa negara penghasil  batu permata yang cukup terkenal yakni :

1. Rusia

Siapa sih diantara kamu yang  tidak mengaenal negara yang satu ini negara yang dijuluki sebagai negara “Beruang Merah” ini ternyata juga merupaka salah satu negara pertama yang menghasilkan atau memproduksi batu permata didunia lho sobat bloger.

Negra ini mencapai  nilai produksi sebesar US$ 18 miliar atau menyumbang 28,6% total nilai produksi batu permata dunia. Contoh batuan permata yang di hasil kan negara Rusia adalah zamrud,Alexandrite,Garnet,Ametis,,spinel dan lain lain

 

2. Kanada

Kanada atau dijuluki sebagai negara “Pecahan Es”ini merupakan negara penghasil Permata terbesar keduaa di dunia dengan niai produksi sebesar US$ 13 miliar.

Ahli geologi menduga bahwa pipa berlian yang mengandung permata menembus bebatuan Perisai Kanada, tetapi banyak penjelajah berlian paling berpengalaman di dunia gagal menemukannya. Kemudian pada tahun 1991, dua ahli geologi, Chuck Fipke dan Stewart Blusson, menemukan bukti pipa kimberlite yang mengandung berlian sekitar 200 mil di utara Yellowknife, Northwest Territories.

 

3. bootswana

Negara yang berada dibagaian Afrika selatan ini juga merupakan salah satu negara penghasil Batu permata di dunia dengan nilia produksi sebesar US$ 12 miliar.  Negara ini memiliki tambang yang bernama tambang Jwaneng Botswana.

Tambang Jwaneng Botswana sering disebut sebagai “tambang berlian terkaya di dunia.” Tambang tersebut telah memproduksi sekitar 10 juta karat berlian berkualitas tinggi per tahun. Tambang ini dimiliki oleh sebuah perusahaan bernama Debswana, sebuah perusahaan patungan antara De Beers dan pemerintah Botswana - oleh karena itu diberi nama “Debswana.”

 

4. Amerika Serikat

Negara yang dijuluki sebagai negara “Paman Sam" ini berhasil  menduduki posisi  keempat sebagai negara penghasil  terbanyak batu permata di dunia,  dengan nilai produksi mencapai US$ 7,1 miliar. Contoh batu yang di produksi adalah Ruby dan batu Safir.

 

5. Kongo

Kongo merupakan negara yang berada dibagian Afrika Selatan. Negara ini memproduksi Batu Permata mencapai Nilai US$ 1,6 miliar. Contoh batu permata yang paling terkenal adalah  Batu Pirus Kongo


 Itu beberapa Deretan penghasil Batu Permata terbesar Dunia. Kira kira sobat bloger tertarik mengoleksi batuan ini gak yah?

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya