Mengenal Ciri-Ciri dan Khasiat Batu Fosfor

 


Para pecinta batu mulia atau batu akik mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah batu fosfor. Pasalnya, jenis batu yang satu ini memang kerap dicari para kolektor batu akik lantaran memiliki bentuk yang indah dan unik.

Batu fosfor sendiri merupakan jenis batuan yang memiliki kandungan fosfor yang tinggi. Sehingga, batu ini bisa mengeluarkan cahaya dalam gelap. Batu fosfor berasal dari bahasa Yunani “phosphoros” yang berarti pembawa terang. Batu ini didapatkan oleh seorang ilmuwan asal Jerman bernama Brand pada tahun 1669 saat sedang menggali bebatuan.

Batu yang satu ini umumnya digunakan sebagai aksesoris seperti, batu cincin, tasbih atau jenis aksesoris dan perhiasan lain yang cukup menarik. Selain digunakan sebagai perhiasan, batu fosfor juga banyak disukai oleh banyak orang yang gemar berpetualang di malam hari lantaran bisa di jadikan sebagai penerang jalan.

Sebab, keunikan batu fosfor memiliki kemampuan menyerap cahaya dari luar, baik cahaya matahari atau lampu senter, kemudian akan memantulkannya saat berada di tempat yang gelap.

Ciri-Ciri Batu Fosfor

Bagi Kamu yang ingin memilik batu yang satu ini, sebaiknya harus lebih berhati-hati. Sebab, batu fosfor palsu kini banyak beredar di pasaran dan sulit dibedakan dengan yang asli. Oleh karena itu, berikut ini adalah ciri-ciri dari batu fosfor asli:

Batu fosfor memiliki tingkat kekerasan sekitar 6 skala mohs. maka dari itu batu fosfor mudah pecah dan harus hati-hati ketika sedang membuat batu cincin.

  • Batu fosfor yang asli dapat mengeluarkan sinar dalam gelap.
  • Batu fosfor yang asli bila di tempelkan di pipi akan terasa dingin, dan dinginnya lama.
  • Batu Fosfor yang asli jika di tempelkan ke api rokok tidak akan meleleh seperti plastik.

Khasiat Batu Fosfor

  • Batu ini bisa dijadikan perhiasan untuk memperindah dan mempercantik tampilan
  • Bisa menentramkan jiwa
  • Bisa memberikan penerangan saat minim cahaya
  • Bisa membuat aura lebih bersinar, kapabilitas pesona daya tarik meningkat, menambah kewibawaan dan membuat wajah lebih menarik
  • Bisa membersihkan energi negatif dalam tubuh

Cara Merawat Batu Fosfor

Batu yang satu ini dinilai lebih lunak dan rapuh dibandingkan dengan jenis batu lain. Oleh sebab itu, Kamu harus mengetahui cara merawat batu ini agar tetap awet. Sebab, semua jenis batuan pastinya akan memerlukan perawatan agar tetap mengkilap dan terjaga keindahannya.

Maka dari itu, kami akan memberikan cara merawat batu fosfor untuk Kamu ketahui. Diantaranya:

  • Batu fosfor tidak boleh terendam air karena karena akan melemahkan unsur mineral dalam batu sehingga tidak bisa menyerap cahaya.
  • Tingkat kekerasan batu fosfor yang rendah membuat batu ini mudah tergores dan pecah, sebaiknya simpan batu pada tempat yang aman jika tidak dikenakan agar tidak pecah.
  • Agar batu tetap selalu terlihat indah dan berkilau bisa dioleskan minyak kayu putih atau baby oil.

Nah, itulah informasi seputar batu fosfor yang perlu Kamu ketahui. Jika Kamu berminat memiliki batu ini, ciri-ciri batu fosfor di atas bisa Kamu jadikan referensi sebelum membeli batu ini. Semoga bermanfaat!

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya