Karakteristik dan Manfaat Batu Barjad Api

 

Bagi Anda penggemar batu akik, jenis batu akik ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda. Batu akik barjad api adalah salah satu jenis batu alam yang terbentuk dari lava gunung berapi.

Lava gunung berapi ini mengendap dan membeku hingga jutaan tahun. Tak hanya dari lava, batu barjad api juta terbentuk dari limbah alam seperti kayu yang membeku dan menjadi fosil selama ratusan hingga jutaan tahun.

Batu akik jenis ini memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan batu akik lainnya, yakni memiliki cahaya api yang bisa bergerak dengan sendirinya. Karena kitulah batu ini dinamakan batu barjad api dan di beberapa daerah tertentu batu ini disebut juga dengan mustika barjad api.

Di Indonesia sendiri, batu akik jenis ini banyak ditemukan di daerah Wonogiri. Bukan hanya memiliki rupa yang indah, batu barjad api ini juga cukup familiar karena memiliki segudang manfaat.

Lalu, apa saja keistimewaan batu barjad api ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Karakteristik Batu Barjad Api

Batu barjad api umumnya berwarna putih susu namun cenderung ke warna biru muda. Jenis batu akik ini juga terlihat padat, namun juga memiliki sisi transparansi yang membuatnya terlihat seperti bening. Ciri tersebut dapat diketahui ntuk membedakan batu barjad api yang asli dengan yang palsu.

Selain itu, batu barjad api yang asli juga akan menghasilkan bias cahaya kuning ke-emasan yang jika disorot menggunakan lampu akan berubah menjadi warna kuning ke-emasan.

Sama seperti batu Opal pada umumnya, batu barjad api juga memiliki kadar air yang cukup tinggi, mencapai 21% dari beratnya. Hal itu juga membuat batu ini tergolong rapuh sehingga membutuhkan perawatan khusus untuk mempertahankan keindahannya.

Kondisi batu barjad api (Fire Opal) yang terlalu kering akan menyebabkan retakan yang mencapai permukaan kayu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyimpan dan merawat batu dengan benar untuk melindunginya dari kekeringan.

Batu barjad api juga sangat sensitif terhadap perubahan suhu yang drastis. Untuk itu, batu akik ini sebaiknya disimpan pada kain lembab atau kapas didalam kantong plastik tertutup untuk mencegah dehidrasi.

Manfaat Batu Barjad Api

Sama halnya dengan batu akik jenis lainnya, batu barjad api juga memiliki beberapa manfaat. Berikut ini dijelaskan beberapa manfaat batu akik barjad api, antara lain:

1. Mendatangkan Rejeki

Batu barjad api diyakini memiliki energi khusus yang mampu menarik dan melancarkan rejeki untuk bisnis yang sedang Anda tekuni. Dengan menggunakan batu barjad api sebagai azimat, Anda bisa meningkatkan kekayaan dengan lebih efektif.

2. Membangkitkan Usaha

Jika anda mengalami suatu persoalan dalam menjalankan usaha sehingga membuat penurunan keuntungan drastis, Anda bisa menaikkan kembali keuntungan dalam usaha anda dengan menggunakan batu barjad api sebagai azimat.

3. Menaikkan Jabatan

Bagi anda yang menginginkan jabatan lebih dalam pekerjaan, Anda bisa memanfaatkan batu barjad api juga sebagai azimat. Dengan bernegosiasi dengan kepala instansi atau hanya sekedar menunggu kenaikan jabatan saja, anda pasti akan segera mendapatkan jabatan yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang batu akik barjad api yang menarik untuk diketahui lengkap dengan manfaatnya. Selamat membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya