Fakta Menarik Trovant, Batu Bernyawa

 

Trovant merupakan sebutan untuk bongkahan batu besar yang terlihat menggembung yang banyak ditemukan di Rumania. Batu misterius ini menjadi daya tarik wisata yang populer di Rumania.

Trovant memiliki bentuk yang unik dan dalam berbagai macam ukuran. Bentuk dan ukuran batu ini hampir selalu berubah, karena trovant bisa berkembang biak seperti makhluk hidup.

Trovant yang awalnya berukuran kecil seperti kerikil, dapat berkembang biak dan bertambah besar, bahkan mencapai diameter 10 meter. Batu yang "hidup" ini tidak hanya menarik wisatawan, tapi juga minat para peneliti. Tidak sedikit peneliti dan ilmuwan yang tertarik untuk menguak rahasia batu misterius ini. Apa saja fakta "batu hidup" Rumania ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa yang membuat bebatuan ini berkembang biak?

Mineral tersebut digabungkan dengan bahan kimia yang sudah ada di batu yang kemudian menciptakan reaksi dan tekanan di dalam. Tekanan tersebut secara spontan membuat batuan tersebut tumbuh dari tengah ke pinggirnya dan berkembang biak, dengan laju pengendapan sekitar 4-5 cm dalam 1000 tahun.

Batu akan bertumbuh jika kontak dengan air

trovant tidak bertumbuh dengan sendiri layaknya makhluk hidup. Supaya Trovant bertambah besar, diperlukan kondisi khusus yang memancing pertumbuhan batu tersebut. Semen karbonat yang terkandung pada batu Trovant harus "terpancing" keluar agar batu tersebut semakin besar. Hujan deras dapat membuat semen pada Trovant terpancing keluar.

Semen yang terpancing keluar akan kontak dengan air. Semen yang kontak dengan air secara perlahan akan mengembang, karena pasir dan mineral penyusun Trovant menyerap mineral lain yang terkandung pada air hujan. Akibatnya, lingkar luar Trovant akan bertambah secara bertahap. Pertambahan lingkar luar Trovant tersebut membuat batu ini semakin besar sehingga membuatnya terlihat seperti "bertumbuh".

Terbentuk dari pasir dan karbonat yang terpadatkan

Trovant merupakan sinonim dari Sandsteinkonkretionen yang dalam bahasa Jerman berarti pasir yang mengeras atau membatu atau tersementasi. Dilansir Wonderpolis, ahli geologi memiliki teori tersendiri mengenai batu misterius ini. Mereka menemukan bahwa Trovant merupakan batu yang terbentuk dari pasir dan karbonat yang terpadatkan.

Tidak terdapat perbedaan mineral pada batu Trovant dengan lingkungan di sekitarnya. Hal ini mendukung dugaan, bahwa Trovant terbentuk dari pasir dan karbonat yang diduga terpadatkan akibat gempa dan pergerakan gelombang seismik bumi sejak sekitar enam juta tahun yang lalu.

Pergerakan permukaan bumi yang kuat akhirnya mencampur lapisan pasir dengan batuan karbonat, kemudian memadatkannya menjadi gumpalan-gumpalan batu Trovant.

Batu-batu Trovant dapat ditemukan di beberapa Negara

Batuan Trovant ternyata tidak hanya ada di Rumania. Jenis batu tersebut juga dapat ditemukan di beberapa lokasi lain di dunia. Trovant dapat ditemukan di Republik Ceko, Rusia, dan Kazakhstan. Namun, ukuran dan jumlah Trovant di wilayah tersebut tidak sebanyak dan sebesar yang yang ada di Rumania.

Itulah sekilas tentang Batu Trovant yang berkembangbiak,semoga bermanfaat bagi semua!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya