Batu Liparit: Pengertian, Ciri - Ciri dan Kegunaan

 

 

Batu liparit merupakan jenis batu-batuan yang terbentuk dari berbagai macam mineral seperti mineral feldspar, kuarsa, biotit dan mineral lain yang berwarna gelap.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai kerikil Liparit.

1.   Asal Usul Terbentuknya Batu Liparit

Seperti batu- batuan pada umumnya yang terbentuk atas banyak sekali macam mineral, kerikil liparit inipun merupakan batuan yang terbentuk atas banyak sekali mineral tertentu. Mineral- mineral yang berkumpul lalu menyusun kerikil Liparit ini antara lain mineral feldspar, kuarsa, biotit dan mineral- mineral lainnya yang berwarna gelap.

Batu Liparit merupakan salah satu batuan beku, maka dari itulah pembentukannya diawali dengan adanya magma (baca: perbedaan intrusi dan ekstrusi magma). Magma yang telah membeku lalu menjadi sebuah batuan(baca: batuan beku luar). Karena keadaan magma yang berbeda- beda kandungan, maka kerikil yang terbentuk pun juga akan berbeda- beda. Dan salah satunya membentuk kerikil Liparit ini.

2.   Ciri – Ciri Batu Liparit

Ciri batu Liparit antara lain sebagai berikut:

·      Memiliki warna putih sampai krem

Ciri fisik dari batuan sanggup dilihat dari warna yang dimiliki oleh kerikil tersebut. Batu Liparit merupakan kerikil yang mempunyai warna terang. Warna dari kerikil liparit ini yakni krem sampai putih. Warna- warna yang demikian ini merupakan warna yang biasa kita temukan dalam batu- kerikil yang biasa dipakai untuk materi material.

·      Merupakan golongan batuan beku yang biasanya keras

Di bumi ini kita mengenal tiga kelompok batuan yakni batuan beku, batuan sedimen atau endapan, dan batuan metamorf atau malihan. Batu Liparit merupakan jenis batuan beku. Batuan beku terjadi dari adanya magma yang telah mengeras. Batuan beku merupakan batuan yang bersifat keras, demikian pula dengan batuan liparit juga mempunyai sifat ibarat batuan beku lainnya.

·      Memiliki tekstur porfiris

Ciri- ciri yang dimiliki oleh kerikil liparit selanjutnya yakni mempunyai tekstur porfiris. Tekstur porfiris merupakan keadaan apabila di dalam batuan beku (baca; batuan beku dalam) terdapat kristal besar yang tertanam di dalam masadasar kristal yang lebih halus.

Itulah ciri- ciri yang dimiliki oleh batu liparit. Ciri- ciri batu Liparit lebih banyak mengarah pada ciri fisik yang dilihat dari warna dan juga tekstur yang dimiliki oleh batuan tersebut.

3.   Kegunaan Batu Liparit

Batu- batuan menempati posisi sebagai sumber daya alam di dunia ini, kerikil menduduki komponen abiotik. Batu- batuan ini mempunyai manfaat yang banyak bagi manusia. Setiap jenis batuan mempunyai keuntungannya masing- masing.

 Manfaat ini disesuaikan dengan ciri- ciri yang dimiliki oleh batuan tersebut. Beberapa manfaat yang diperoleh dari kerikil Liparit antara lain sebagai adonan materi bangunan. Batu liparit mempunyai sifat yang pas untuk menjadi adonan materi bangunan.

 Bahan bangunan membutuhkan adonan bebatuan untuk menghasilkan konstruksi bangunan yang besar lengan berkuasa dan juga tahan lama. Salah satu jenis batuan yang pas dipakai sebagai materi bangunan yakni kerikil liparit ini.

semoga kita dapat memperoleh manfaat dan ilmu yang lebih banyak dari artikel yang kami sajikan ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya