Kandungan dan Kegunaan Batu Andesit


Melansir dari situs GeologyScience, Batu Andesit adalah salah satu jenis batuan vulkanik. Nama Andesit diambil dari nama pegunungan Andes, pegunungan yang membentang di sepanjang barat Amerika bagian selatan. Nah, untuk lebih mengenal batu andesit di bawah ini akan di jelaskan tentang batu andesit.

Apa Saja Kandungan yang Terdapat Pada Batu Andesit?

Dengan Kandungan Silika menengah, batu andesit ini terbentuk ketika rongga yang di tinggalkan oleh gelembung gas di magma yang mengeras. Batu andesit dari gunung berapi dan umumnya di temukan berdekatan dengan abu vulkanik dan tufa. Andesit terbentuk oleh pendinginan lava, maka dari itu batu andesit di klasifikasikan sebagai batuan vulkanik. 

Seperti batuan alam lainnya, batu andesit penuh dengan komposisi mineral. Batu andesit harus dipecahkan untuk melihat warna dan komposisi mineralnya dengan batu andesit kaya akan mineral plagioklas feldspar dan amphibole. Selain itu, batu andesit juga memiliki mineral kuarsa dan piroksen dalam jumlah kecil.

Berdasarkan Namanya, Batu Andesit Banyak Ditemukan di Daerah Pegunungan Yaitu:

  • Pegunungan Andes.
  • Pegunungan Cordillera di Amerika Utara dan Tengah juga ditemukan banyak batu andesit.
  • Gunung berapi aktif juga merupakan asal tempat batu andesit ini, di antaranya: Gunung Popocatepetl di Meksiko, Gunung Ngauruhoe di Selandia Baru, Gunung Shasta dan, Gunung Adams di Amerika Serikat, Gunung Soufrière Saint Vincent dan Gunung Montagne Pelee di Karibia, Gunung Krakatau di Indonesia, Gunung Fuji dan Gunung Bandai-san di Jepang.

Ciri  dan Karakteristik Batu Andesit yaitu:

Ciri dan karakteristik batu andesit seperti diketahui terbentuk oleh lava dingin yang membuatnya diklasifikasikan sebagai batuan vulkanik. Selain itu karena mengandung silika menengah, biasanya berwarna abu-abu dan mungkin berbutir halus atau porfiritik. Eits, tak hanya di situ, ada sederetan fakta dibalik keberadaanya. 

Diantaranya, ternyata ada terlalu banyak jenis batuan ini di kerak benua. Kemudian juga warna gelapnya sering disalah artikan sebagai batuan basal hingga batuan ini pun dianggap setara dengan diorit vulkanik atau batuan kristal granular.

Kegunaan Batu Andesit Antara Lain:

Termasuk dalam kategori batu alam, andesit jelas serbaguna dan menambahkan tekstur berbeda pada desain interior Anda. Belum lagi ketersediaan batu yang melimpah di alam dan sering digunakan dalam proyek bangunan hijau karena ramah lingkungan. 

Tidak mengandung bahan berbahaya atau racun dan dapat digunakan dengan aman baik di dalam maupun di luar ruangan. Secara umum andesit dapat diaplikasikan ke desain ubin karena tahan slip dan bisa juga digunakan dalam desain lansekap dan taman. 

Untuk tampilan yang lebih klasik dan ramping, Anda juga bisa pikirkan untuk teknik pengaplikasiannya. Simak sejumlah contoh pengaplikasiannya yaitu: Bahan baku membuat ubinbahan pengisi dalam konstruksi bangunan dan konstruksi jalan, digunakan dalam desain lanskap dan taman dan digunakan dalam konstruksi patung dan monumen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya