Manfaat Batu Koral Untuk Rumah Anda

 


Penggunaan batu koral sebagai aksen dekoratif di berbagai area hunian sudah  dikenal menambah keindahan. Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat batu koral untuk hunian rumah selain fungsinya dari segi keindahan? Dari segi warna, bentuk dan ukuran batu koral sangat variatif, membawa dan menghidupkan unsur  alami yang menyejukan di rumah. Batu koral diaplikasikan tidak hanya di akuarium,  tetapi juga sebagai aksen untuk dinding, pagar dan juga pot tanaman indoor.

Dengan penempatan yang tepat, batu koral bisa memberikan manfaat yang lebih dari sekedar hiasan. Selain berkonsultasi kepada ahli yang jual batu alam, anda bisa menyimak manfaat batu koral untuk taman sampai hunian Anda di sini. Berikut beberapa manfaat dari batu koral di dalam area rumah.

Media Resapan Air

Saat ini perkembangan rumah ramah lingkungan,  self-sufficient atau permakultur bisa Anda terapkan secara sederhana.  Anda bisa mengusahakan membuat daerah resapan air hujan di sekitar rumah. Tebarkan batu koral di atas tanah tepat di area bawah atap rumah, yang menjadi tempat air jatuh dari saluran air atap Anda. Batu koral yang ditempatkan seperti ini bisa membantu air meresap ke tanah dengan lebih mudah, meminimalisir cipratan ke tembok. Selain itu, di area taman, Anda bisa membuat area resapan air dengan menyusun batu koral di bagian paling atas, kemudian pasir, disusul ijuk lalu pecahan genting tepat sebelum permukaan tanah.

Anti Licin di Area Carpot

Untuk fungsi yang satu ini, Anda bisa mengaplikasi batu koral sikat yang digabungkan dan disusun. Selain bisa disusun dengan motif atau pola tertentu yang indah, keberadaan batu koral juga bisa menjadi area anti licin. Batu koral sikat dapat membantu ban mobil menjejak di area carport dengan baik. Selain itu, batu koral juga tidak mudah rusak oleh berat ban mobil.

Area Refleksi Alami

Penempatan batu koral yang umumnya berada di area taman bisa Anda pergunakan untuk membuat area refleksi alami. Anda bisa menetapkan sepetak tanah yang cukup untuk area berjalan kaki, kemudian memblok area tersebut dengan kontur tinggi ke rendah dan menyusun batu koral besar ke kecil yang cocok untuk kontur dan pijakan kaki. Tentunya, Anda perlu memperhatikan agar bentuk batu koral tidak terlalu runcing untuk menghindari bahaya. Area ini akan menjadi area refleksi kaki ketika digunakan untuk berjalan di atasnya.

Pagar Tahan Lama

Pagar dari besi atau kayu memang kokoh, tetapi perawatannya cukup memakan biaya. Menyusun batu koral bisa menjadi alternatif jika Anda ingin membuat pagar rumah yang unik, sekaligus tahan lama. Anda bisa menyusun batu koral dalam kawat bronjong atau dalam bentuk dinding. Susunan yang diatur sedemikian rupa dapat disesuaikan dengan selera dan tema rumah Anda, dengan mengkombinasikan dengan elemen alami lainnya. Pagar batu koral biasanya cukup kokoh sekaligus indah dan ramah lingkungan dan daya tahan yang cukup lama.

Itulah manfaat batu koral untuk rumah anda, satu lagi fungsi batu koral jika anda menebarkan batu - batu di sekeliling rumah, khususnya area – area yang dekat dengan akses keluar masuk rumah, batu koral bisa menghasilkan suara khas yang mebuat anda mudah waspada dengan kondisi rumah hunian anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya