Mengenal Templek, Batu Alam yang Terlupakan

 

Batu alam Templek adalah jenis batu alam yang berupa lempengan batu. Batu alam templek ini memiliki bentuk sisi yang acak, dengan ukuran yang bercampur antara besar dan kecil. Ukuran diameter batu alam ini adalah 10 cm sampai 70 cm.

Jenis-Jenis Batu Templek

Ada 3 jenis batu alam templek yang popular dan digunakan oleh pecinta batu alam. Diantaranya adalah batu templek purwakarta, batu templek garut dan batu templek kebumen. Secara umum ketiga batu ini memiliki tekstur dan warna yang sedikit berbeda, berikut penjelasannya :

1. Batu Templek Garut

Batu templek garut ini berwarna hitam, terkadang ada sedikit corak berwarna coklat. Tekstur dari batu templek garut ini mirip dengan templek purwakarta, yaitu solid. Untuk aplikasi pemasangannya lebih banyak pada dinding, baik dinding interior maupun eksterior.

2. Batu Templek Kebumen

Batu templek kebumen sedikit berbeda dengan jenis batu templek sebelumnya. Warna dari batu alam ini merupakan kombinasi dari warna abu- abu dengan warna kuning kecoklatan. Tekstur dari batu alam ini sedikit porus, sehingga hanya dapat diaplikasikan pada media dinding, karena tidak akan kuat jika diaplikasikan untuk lantai.

3. Batu Templek Purwakarta

Batu templek purwakarta ini memiliki tiga warna kombinasi yang unik, yaitu warna ungu, warna abu - abu dan sedikit warna coklat. Batu alam memiliki tekstur yang solid sehingga dapat di aplikasikan untuk lantai. Batu alam jenis ini juga banyak diaplikasikan untuk dinding, terutama dinding pagar.

Manfaat Batu Templek

Batu Templek dimanfaatkan untuk memperindah dinding dan lantai bangunan. Baik itu rumah, kantor, pusat perbelanjaan dan lain-lain. Salah Satu keunikan batu templek, dimana batu ini sudah secara alami berbentuk lempengen-lempengan tipis dengan bentuk yang tidak beraturan.

dari karakteristik ini, harga batu ini cenderung lebih murah, karena tidak perlu pengolahan lanjutan, setelah di tabang bisa langsung di pasang dengan model Random.

Keunggulan Batu Templek

Keunggulan batu templek adalah memiliki bentuk yang unik dan memiliki tingkat kekerasan yang baik, dan lebih tahan terhadap lumut dan perubahan cuaca, memiliki gradasi warna yang khas, sehingga memiliki ciri tersendiri dari karakter Batu Templek.

Kekurangan Batu Templek.

Kekurangan batu templek adalah batu ini memiliki kesulitan yang cukup rumit ketika dalam mengaplikasikan nya, sehingga hanya tenaga ahli tertentu yang bisa memasangnya sesuai dengan keinginan. Kekurangan yang lainnya, batu jenis ini sangat sulit untuk di ukur ketika selesai di tambang hingga limbah material nya cukup besar, bisa mencapai 30-40%.

Demikian informasi mengenai  batu templek, batu alam yang terlupakan yang menarik untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya