Kenali Batu Amber dan Manfaatnya untuk Kesehatan



Batu amber atau batu kahrab adalah batu yang terbuat dari resin pohon yang menjadi fosil dan memiliki harga yang sangat mahal karena warna dan kecantikkanya. Batu dengan warna kekuningan, cokelat, dan kemerah-merahan ini diyakini memiliki kekuatan penyembuhan yang hebat.

Biasanya batu amber digunakan dalam pembuatan barang permata seperti cincin akik dan barang ornament. Meski tidak termineralisasi, batu ini sering digolongkan sebagai sebuah batu permata.

Batu amber merupakan jenis batuan yang tercipta dari getah katilayu sejenis resin alami yang berasal dari pohon yang telah menjadi fosil. Untuk resinnya sendiri berupa substansi organic setengah padat yang dikeluarkan dalam kantung lewat sel epithelium tanaman dan berbentuk seperti bulir-bulir air dalam ukuran yang lebih besar sehingga berbentuk seperti batu. Kebanyakan batu ini memiliki umur sekitar 30 hingga 90 tahun dan tercatat umur batu ini mencapai 320 tahun lamanya.

Batu ini biasanya ditemukan di sepanjang pantai laut Baltik serta laut utara. Selama beraba-abad, penghasil batu ini berada di daerah tanjung sambia atau samland, pantai di prusia. Pecahan ambar dari dasar laut dikandaskan oleh gelombang laut, dan terkumpul di pasang turun (air surut). Terkadang para pencari ambar menyelam ke dalam laut. Mereka menggunakan galah panjang yang bagian ujungnya dipasangi jaring untuk menarik rumput laut yang berisikan ambar, atau mereka mengeruk ambar diantara batu-batu besar di air dangkal.


Berikut ciri-ciri batu amber ini:

  • Memiliki warna khas kemerahan dan kadang-kadang berisi hewan dan tanaman sebagai inklusi karena terperangkapnya didalam getah sebelum memfosil.
  • Mengandung minyak aetherisch yang biasa disebut minyak barnsteen atau minyak amber.
  • Nilai kerasnya 2 dalam daftar keras Mohs dan memiliki struktur Kristal amorphous dan beratnya lebih berat daripada air.
  • Apabila dipanaskan, batu ini akan menjadi lunak dan mengembang serta mengeluarkan aroma yang wangi. Jika terlalu panas maka batu ini bisa terbakar habis.
  • Jika digosok dengan lijnolie, batu amber akan menjadi lembek atau lunak tanpa hancur, mudah dilipat-lipat sehingga mudah pula dibuat barang perhiasan wanita.
  • Jika digosok dengan kain, maka batu ini akan menjadi magnetis dan bisa menarik potongan-potongan kertas kecil.
  • Jika direndam dalam air atau alkohol, batu ini tidak akan hancur.


Manfaat Batu Amber bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata

Menurut kepercayaan orang yang telah memakai batu ini, dengan hanya sesering melihat fokus pada batu amber, maka akan meningkatkan kesehatan mata dan terhindar dari beberapa penyakit mata. Bahkan beberapa orang yang mengalami penyakit mata seperti rabun dapat sembuh dan normal kembali.

Meningkatkan Daya Imun

Menurut para pemilik batu amber, setelah mereka menggunakan batu ini entah sebagai cincin, gelang, kalung dan anting, mereka jadi merasa sehat dan tidak sakit-sakitan. Ini disebabkan karena ion-ion yang terdapat pada batu amber yang ditransfer ke dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan daya imun mereka.

Membuka Aura

Batu ini juga dapat meningkatkan percaya diri, hampir mirip dengan batu badar besi. Menurut beberapa orang yang menggunakan batu amber, mereka dapat lebih percaya diri dan mendapatkan empati dari orang-orang disekelilingnya.

Menangkal Sihir

Banyak orang percaya bahwa batu ini dapat menetralisir energi negatif termasuk sihir. Untuk itu dipasaran batu ini sangat dicari. Dengan menggunakan batu amber ini, maka menurut kepercayaan, anda akan terhindar dari berbagai ilmu sihir yang dapat mencelakai anda.

Demikianlah fakta menarik tentang batu amber yang menarik untuk diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat ya sobat blogger.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya