Cara Membentuk dan Memoles Batu Akik


Demam batu akik di Indonesia masih terus menggema sampai dengan hari ini, meskipun sudah agak menurun di bandingkan beberapa tahun yang lalu. Banyak orang yang belajar mengasah sendiri batu akik kesayangannya dari sebongkahan batu.

Setelah dibentuk dengan batu asahan dan dipoles hingga mengkilap atau berkilau, perlu kita pahami bahwa nilai ekonomis batu akik itu sangat di pengaruhi oleh kualitas asahan dan polesannya. Oleh sebab itu artikel ini akan membantu kamu yang hobi dengan batu akik untuk lebih memahami cara mengasah dan memoles batu akik.

Baca Juga: bahasa jaksel

Cara Memoles Batu Akik

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mengasah batu ak,ik adalah proses yang dilakukan sebelum batu akik dipakai menjadi cincin, liontin, kalung, dan lain-lain. Teknik mengasah batu aik tentunya berbeda-beda di setiap daerah. Selain itu kamu juga bisa membaca biodata jang wonyoung dan manfaat buah kakao.

Pada saat ini, para pengrajin batu akik masih banyak menggunakan teknik manual dan tradisiomal tanpa menggunakan mesin pengasah batu akik. Jika kamu ingin lebioh tahu tentang teknik mengasah batu akik yang benar, pada umumnya saat ini pengrajin atau pengasah batu akik menggunakan mesin dynamo yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa hingga bisa memujtar batu asah secara maksimal.

Dengan mesin ini, diharapkan pengrajin batu akik dapat berjalan dengan cepat dan lebih efisien waktu serta tenaga. Dalam mengasah batu akik yang benar, diperlukan ketelitian dan insting yang kuat untuk melihat bentuk dari sebuah batu akik.

Jika kamu tidak memiliki insting yang kuat, tentu hasil pengerjaannya tidak akan maksimal dan terlihat buruk. Insting mengasah batu akik dapat dilatih dengan mengasah batu akik, pengalaman merupakan guru yang paling berharga dalam hal ini.

Sebagai seorang pengasah batu akik, harus mengetahui dengan pasti karakteristik dari sebuah batu yang memiliki kekerasan yang rendah atau tinggi. Dengan mengenal karakteristik dari sebuah batu akik, kamu dapat mengasah batu akik tanpa adanya resiko kerusakan pada batu.

Untuk jenis batu akik yang memiliki kekerasan yang rendah, tentunya kamu membutuhkan kesabaran. Selain itu juga kamu perlu menjaga suhu dari batu akik yang dikerjakan. Proses pembentukan dari sebuah batu akik hnarus diperhatikan juga. Selain itu kamu juga bisa membaca brand minuman viral dan resep jus blueberry.

Banyak pengasah batu akik yang belum memahami sepenuhnya cara membentuk akik. Membentuk batu akik menjadi bulat, lonjong atau sesuai selera membutuhkan skill yang harus dilatih. Kamu dapat mencontoh bentuk dari sebuah batu yang sudah diasah sebelumnya oleh orang lain.

Untuk membentuk akik, yang harus kamu lakukan hanyalah membentuk sebuah pola. Pola ini yang nantinya akan kamu ikuti. Pola tersebut adalah bentuk dari batu cincin bila dilihat dari atas. Awalnya kamu memerlukan ketelitian dalam hal tersebut.

Insting di perlukan untuk bisa membuat pola yang cantik dan sesuai dengan ukuran ikatan atau cangkang dari batu cincin. Setelah proses pembentukan pola, yang harus kamu lakukan adalah pembentukan sisi. Sisi adalah bagian yang bila kamu lihat dari samping.

Sisi ini bisa kamu ukur melalui bagian utara dan selatan batu. Selalu memperhatikan bentuk dan pola. Tetap jaga pola yang sudah dibentuk diawal. Mengasah batu akik yang benar adalah tetap menjaga suhu dari batu tersebut.

Gesekkan batu akik dengan batu asah membentuk suhu yang sangat panas. Biasanya para pengrajin mengakalinya dengan menggunakan infuse buatan yang selalu meneteskan air diatas batu asah. Batu akik yang memiliki kekerasan rendah, sangat rentan retak bila suhu saat mengasah terlalu panas. Jangan sampai mengasah lebih dari 5 detik, beri jeda saat kamu memasukkan batu akik ke dalam air.

Nah, itulah dia cara memoles batu akik yang benar, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Karakteristik dan Manfaat Batu Barjad Api