Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung


Buat kamu penggemar batu akik, tentu sudah tak asing dengan batu yang satu ini. Batu kecubung atau ametis merupakan salah satu batuan mineral kuarsa yang berasal dari alam.

Berkat keindahannya, batu ini menjadi sasaran perburuan para kolektor baik lokal maupun luar negeri. Umumnya batu kecubung ditemukan berwarna ungu, namun ada juga kecubung dengan warna lain seperti merah muda dan biru.

Tak hanya itu, batu kecubung ini dipercaya memiliki banyak khasiat dan dijual dengan harga yang fantastis di pasaran. Bahkan ada yang mempercayai khasiat batu kecubung hingga dimensi supranatural.

Mengapa demikian? Temukan jawabannya di bawah ini untuk lebih mengetahui lebih dalam tentang batuan ini.

Jenis-Jenis Batu Kecubung

Terdapat beberapa jenis batu kecubung, antara lain :

1. Kecubung Air

Karakteristik utama dari batu kecubung yang satu ini adalah warnanya yang bening, jernih, dan berkilau. Melihat tampilannya, maka tak heran jika ia diberi nama kecubung air. Bagi kamu yang menyukai unsur keindahan, batu kecubung air ini menjadi pilihan yang sangat cocok.

2. Kecubung Wulung

Kecubung jenis ini merupakan batuan lokal yang terkenal hinga ke pasar luar negeri. Kecubung wulung menjadi buruan kolektor asing karena disinyalir memiliki kekuatan supranatural yang tak biasa.

Batu ini memiliki ciri dan karakteristik tersendiri, yakni berwarna hitam gelap dan padat, sehingga terasa berat ketika dipegang.

3. Kecubung Asihan

Kamu mungkin tak menyangka jika batu kecubung asihan bisa digunakan sebagai media pengobatan alternatif. Mirip dengan jenis kecubung lainnya, kecubung asihan berwarna ungu pekat dan ungu muda.

Ciri-Ciri Batu Kecubung

Berikut ini dielaskan beberapa ciri-ciri batu kecubung, antara lain :

• Memiliki kilauan yang khusus

Bagi para kolektor batu akik, tentu akan mengetahui perbedaan antara kilauan kecubung asli dengan yang palsu. Pasalnya, batuan ini memancarkan kilauan yang unik dan khas.

• Transparan

Meskipun ditemukan jenis batu kecubung dengan warna ungu yang pekat, tetapi pada umumnya akan terlihat transparan. Jika kamu menyinarinya dan tampak transparan, maka kemungkinan besar batu kecubung tersebut asli.

• Sulit tergores

Batu kecubung yang asli tidak akan mudah tergores. Kamu dapat mengetahuinya dengan mudah, yakni dnegan menggores kecubung ungu menggunakan kaca. Apabila kaca tersebut yang megalami goresan, maka bisa dipastikan bahwa batu kecubung tersebut adalah asli.

• Tidak memiliki gradasi

Batu kecubung ini tergolong unik jika dibandingkan jenis batuan lainnya. Pasalnya, warna kecubung asli sepenuhnya akan berwarna ungu dan tak memiliki gradasi atau campuran warna lainnya.

• Sangat keras

Batu kecubung adalah jenis batuan yang tergolong paling keras dibandingakan batu mulia lainnya. Maka wajar saja jika batuan ini berharga fantastis karena memang memiliki karakteristik unik serta kualitas yang baik pula.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang batu kecubung mulai dari ciri-ciri hingga jenisnya yang menarik untuk kamu ketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya