Langsung ke konten utama

Mengenal Jenis-Jenis Batu Ruby


Kamu mungkin telah mengenal batu mulia jenis ini. Batu ruby dikenal juga dengan istilah batu merah delima di Indonesia, karena umumnya memiliki warna merah yang menjadi ciri khasnya.

Batu mulia ini telah menjadi koleksi impian banyak orang termasuk Alwi assegaf, sejak ribuan tahun yang lalu. Keindahan warna yang ditawarkan membuat banyak orang berlomba-lomba untuk bisa mengoleksi batu alam ini.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan batu Ruby ini, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu akan jenis batu Ruby dan berbagai fakta uniknya, agar tak salah pilih. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Jenis-Jenis Batu Ruby

Terdapat beberapa jenis batu ruby, antara lain :

1. Batu Ruby Madagaskar


Jenis baru Ruby ini mudah ditemukan dalam berbagai ukuran, bentuk, serta kualitas potongan. Batu ruby jenis ini memiliki warna yang sedikit lebih gelap. Terkadang, kamu dapat menemukannya dengan warna merah muda atau oranye kemerahan yang paling banyak diburu oleh kolektor karena harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis batu ruby lainnya.

2. Batu Ruby Tanzania


Batu ruby tanzania merupakan salah satu jenis batu ruby yang paling terkenal karena kualitasnya yang sangat bagus. Warna merahnya yang jernih dan mampu menyejukkan mata mirip dengan batuan garnet sehingga terkadang sulit membedakan antara keduanya.

Uniknya, batu ruby jenis ini mempunyai karakteristik dimana semakin kecil ukurannya, maka akan semakin terang cahaya yang dipancarkan. Hal tersebut juga berpengaruh dengan harganya yang semakin mahal.

3. Batu Ruby Burma


Batu ruby Burma juga kerap disebut dengan ruby Myanmar yang dipercaya mempunyai kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan kebanyakan jenis ruby yang populer di dunia. bahkan, banyak kolektor pecaya bahwa ruby Burma memiliki kualitas nomor satu.

Ruby Burma tersedia dalam berbagai warna yang beragam. Kamu dapat menemukan jenis batu mulia ini dalam warna merah terang, merah muda, merah kebiruan, merah kecoklatan, hingga merah darah. Warnanya yang beragam membuat ruby Burma tergolong sebagai salah satu jenis batu ruby termahal di dunia.

4. Batu Ruby India


Meskipun bernilai lebih rendah dari segi hargam jika dibandingkan dengan jruby jenis lainnya, namun dari segi keindahannya, batu mulia yang satu ini tak kalah dengan jenis batu ruby lainnya. Batu ruby india hadir dengan warna merah kehitaman.

Karena memiliki harga yang lebih murah, ruby india dapat dengan mudah ditemukan di pasar dan kerap dijadikan sebagai perhiasan sehari-hari.

5. Batu Ruby Thailand


Satu lagi jenis ruby berasal dari Asia Tenggara, yakni batu ruby Thailand. Dari segi kualitas, batu ruby jenis ini juga tergolong unggul. Tak heran jika batu ini banyak diburu oleh para kolektor batu mulia di dunia.

Batu ruby Thailand memiliki wrna merah kecoklatan karena kandungan kromium dan zat besi. Kromium sendiri ialah mineral penghasil warna merah, sementara zat besi yang membuatnya berwarna coklat atau sedikit lebih gelap.

Meskipun popularitasnya masih lebih kecil jika dibandingkan dengan ruby Burma atau Myanmar, batu ruby Thailand masih tetap banyak dicari karena warnanya yang unik. Perpaduan warna tersebut sekaligus menjadi alasan mengapa di Indonesia jenis ini disebut juga sebagai ruby siam.

Setelah mengetahui jenis-jenis batu ruby tersebut, kamu tertarik mengoleksi jenis yang mana nih?

Komentar

© 2020 BATU ALAM

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.