Mengenal Batuan Gabro | Pengertian, Proses Pembentukan, Ciri-Ciri dan Manfaat


Batuan merupakan salah satu unsur yang terdapat di Bumi. Terdapat banyak sekali jenis batuan yang terdapat di planet Bumi, salah satunya ialah batuan gabro.

Artikel kali ini akan membahas mengenai batuan gabro secara lengkap. Gabro dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah batuan beku basa dengan warna kehitaman.

Batuan ini terbentuk ketika magma cair terperangkap di bawah permukaan Bumi yang perlahan mendingin menjadi massa holokristalin.

Pengertian Batuan Gabro

Batuan gabro merupakan salah satu jenis batuan beku intrusive yang menyimpan koleksi warna-warna gelap yang tersusun atas kristal-kristal dalam kondisi kasar. Umumnya, batu gabro cenderung menonjolkan warna gelap karena mineral utama penyusunnya adalah dari jenis mineral plagioklas dan pirauksen.

Jenis batuan ini banyak ditemukan di dasar samudera. Batuan gabro memiliki berbagai kegunaan di bidang konstruksi, biasanya dimanfaatkan sebagai base material atau landasan konstruksi setelah dilakukan proses penghancuran (stone crusher).

Proses Pembentukan Batuan Gabro

Batuan gabro terbentuk melalui proses pendinginan lava atau magma yang terbit dari perut Bumi. Hal ini dikarenakan di permukaan kerak samudera, lava akan merasakan pendinginan yang cepat, maka dari itulah mineral yang terbentuk bakal berukuran kecil.

Sementara itu, di bawah kerak Samudra, mineral akan lebih cepat berkembang sebab proses pendinginan yang lambat. Hal tersebut mengakibatkan terbentuknya batuan gabro, yaitu penyebab pendinginan lava atau magma yang melambat sehingga memberikan peluang pada mineral untuk berkembang.

Ciri-Ciri Batuan Gabro

Terdapat beberapa ciri khas batuan gabro, antara lain :

• Memiliki tekstur yang kasar karena terdiri atas kristal-kristal dalam kondisi yang kasar

• Umumnya banyak dijumpai di kerak-kerak samudera

• Memiliki warna gelas cenderung hitam atau hijau tua

• Jika di lihat, batuan gabro mirip dengan batu basalt. Hal tersebut dikarenakan komposisi mineral pembentuknya serupa. Akan tetapi, terdapat sedikit perbedaan antara keduanya. Batuan basalt memiliki mineral penyusun dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan batu gabro.

• Sama halnya dengan batuan basalt, batu gabro terbentuk dari proses pendinginan lava yang bersal dari  dari perut Bumi.

Manfaat Batuan Gabro

Semua jenis batuan yang terdapat di Bumi mempunyai banyak manfaat untuk manusia, begitu juga dengan batuan gabro. Penggunaan gabro yang paling umum di bagian konstruksi adalah sebagai agregat (hasil crushed stone).

Gabro yang dihancurkan biasanya akan dipakai pada pembangunan jalan, kereta api, serta landasan konstruksi bangunan. Berikut ini beberapa kegunaan dari batuan gabro bagi kehidupan sehari-hari, antara lain :

• Sebagai bahan pembuatan ubin yang eksotik

• Batuan gabro juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan batu nisan

• Facing stone

• Sebagai base material construction yang memegang peranan penting dalam bidang konstruksi

• Karena sifatnya yang sangat kokoh, batu gabro yang dihancurkan dapat dipergunakan dalam pembangunan jalan raya, kereta api serta landasan konstruksi bangunan

Demikian informasi seputar batuan gabro secara lengkap mulai dari pengertian, proses terbentuk, ciri-ciri, serta manfaatnya bagi kehidupan manusia. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi semua pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya