Mengetahui 5 Jenis Batu Akik Berwarna Biru


Batu akik atau batu alam yang berwarna biru selalu menghasilkan perhiasan yang terlihat sangat kokoh, eksklusif, dan mewah. Warna biru memang selalu dianggap sebagai sebuah warna yang elegan yang membuatnya terlihat berbeda dengan warna lainnya seperti merah, hijau, atau kuning.

Perhiasan dengan warna biru diasosiasikan dengan sesuatu yang berbau modern, visioner, bahkan dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keningratan. Ketika dijadikan sebagai kalung atau cincin, batu berwarna biru membuat seseorang penuh percaya diri dan terlihat brilian.

Artikel kali ini akan membahas tentang jenis batu akik berwarna biru yang kerap dijadikan sebagai perhiasan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Alexandrite Biru


Alexandrite biru merupakan salah satu jenis batu akik yang terdiri dari mineral chrysoberyul. Batu akik jenis ini akan berubah warna tergantung dari sumber cahaya. Di malam hari, alexandrite akan terlihat berwarna kemerahan dengan pencahayaan minim.

Sementara itu, batu ini akan terlihat berwarna hijau dan biru di siang hari. Alexandrite biru merupakan batu yang melambangkan mereka yang lahir pada bulan Juni.

2. Tanzanite dan Zoizite


Selain warna ungu, pink, hijau, kuning abu-abu dan tanpa warna, batu zeosite juga ada yang berwarna biru dan sedikit keunguan disebut dengan istilah tanzanite. Batu tanzanite ditemukan pada tahun 1967 di Tanzania, yang pada akhirnya diabadikan.

Meski relatif baru, tanzanite adalah batu yang cukup populer belakangan ini. faktanya, batu yang berwarna biru ini melambangkan mereka yang lanir di bulan Desember.

3. Safir Biru


Safir merupakan batu akik berwarna biru yang sangat populer dan dianggap sebagai satu diantara empat batu alam paling berharga di dunia selain berlian, zamrud, dan rubi. Safir kalah dari berlian dilihat berdasarkan tingkat kekerasan. Safir biru merupakan variasi dari corondum, yakni mineral yang ketika berwarna merah disebut rubi.

4. Benitoite


Benitoite umumnya ditemukan di California dan sangat jarang ditemukan di daerah lainnya. Batu ini adalah jenis batu akik langka dan berharga fantastis. Penamaan batu ini sesuai dengan nama Sungai San Benito, yang terletak di sekitar aliran sungai dimana batu ini pertama kali ditemukan.

Batu ini menghasilkan kemilau biru pucat hingga terang. Batu ini sangat berharga, hingga California secara resmi menyatakan Beniitonite sebagai batu resmi mereka pada tahun 1985.

5. Opal Biru


Batu opal umumnya dikenal berwarna putih dan juga hitam, namun ternyata batu ini juga ada yang berwarna biru.  Di industri perhiasan, opal biru adalah batu yang melambangkan mereka yang lahir di bulan Oktober dan berzodiak Libra.

Demikianlah informasi mengenai beberapa jenis batu akik berwarna biru yang banyak digunakan sebagai perhiasan. Dari sekian banyak yang dijelaskan di atas, yang mana favoritmu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya