Mengenal Batu Topaz dan Jenis-Jenisnya


Batu akik tampaknya sedang naik daun di semua lapisan masyarakat baik di daerah perkampungan maupun di kota-kota besar. Hal tersebut dipicu karena batu akik memiliki beragam keunikan dan warna yang sangat beragam sehingga terlihat begitu menarik.

Bahkan, para pecinta batu akik juga tak segan untuk merogoh kocek agar dapat mengoleksi batu impian mereka. Banyak jenis-jenis batu mulia yang menawarkan warna serta kualitas yang tak bisa dianggap main-main, salah satunya batu topaz.

Batu akik jenis ini tak hanya dikenal dengan keindahannya, tapi juga diyakini memiliki khasiat. Bangsa Roma meyakini bahwa batu kris topaz berwarna kuning memiliki kemampuan menghindari keracunan makanan. Hal tersebut pernah dibuktikan, saat batu kris topaz didekatkan dengan zat beracun, ia berubah warna.

Tak hanya itu, di daerah New Yarussalem juga dipercayai bahwa batu kris topas berkhasiat membuat pria terlihat lebih tampan, melindungi dari musuh, membuat pemakainya menjadi lebih percaya diri, mengurangi rasa sakit, dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Batu Topaz

• White Topaz (Topas Bening)

Batu topaz jenis ini sangat cocok untuk cincin resmi seperti cincin lamaran dan juga pernikahan. Sifat dan karakteristik warna yang dimilikinya membuat batu ini terlihat berkilau dan memancarkan cahaya yang tajam bak berlian alami.

White topaz ini juga disebut dengan topaz putih, topaz unheated, atau topaz untreated, karena pada dasranya batu topaz berasal dari pertu bumi yang berwarna putih atau colorless. Kualitas batu topaz ditentukan dari kebeningan dan struktur fraktalnya.

• Swiss Blue Topaz

Idealnya, swiss blue topas ini cocok dijadikan perhiasan untuk Wanita. Tampilan warna biru muda dan kebeningannya menjadikan batu topas jenis ini terlihat lebih lembut dan elegan. Swiss blue topaz biasanya diikat dengan emas putih atau emas kuning dengan desain yang dirancang sendiri (custom design).

• London Blue Topaz

Warna biru pekat adalah ciri khas dari batu topaz jenis ini. London blue topaz sangat cocok untuk dijadikan perhiasan pria, untuk menambah penampilan.warna dan sinar luster pada batu ini membuatnya sangat menarik untuk dipandang.

• Sky Blue Topaz

Batu permata natural light blue ini sangat cocok untuk dijadikan cincin fashion dengan tampilan kristal berwarna biru muda terang. Dibandingkan dengan batu topaz lainnya, batu sky blue topaz memiliki harga yang peling murah. Batu topas jenis ini masih dapat terlihat serat oleh mata, jika benar-benar diperhatikan. Namun, keindahan alami permata biru ini tak  bisa dipandang sebelah mata.

• Smookey Topaz

Batu topaz berwarna coklat ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan cincin permata ataupun liontin kalung. Warna coklat yang ditampilkannya menjadikan smookey topaz ini sangat ideal untuk cincin fashion bagi para pekerja kantoran.

Meskipun berwarna coklat, namun kilauan cahaya batu ini tak kalah dengan jenis topaz lainnya, yang mana keindahannya dapat dilihat dari jarak cukup jauh sekitar 2 hingga 4 meter.

Demikian penjelasan tentang batu topaz serta jenis-jenisnya. Dilihat dari keindahan dan keistimewaan batu ini, tak heran jika banyak diminati untuk dijadikan perhiasan ataupun untuk bisnis jual beli.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya