Batu Akik Sungai Dareh | Ciri-ciri, Manfaat, dan Jenis


Indonesia memiliki beragam batu mulia yang terkenal popularitasnya di dunia. Selain batu bacan dari Pulau Bacan di Maluku Utara, satu lagi yang kian menggema namanya adalah batu sungai dareh dari Dharmasraya.

Batu sungai dareh dikenal juga sebagai batu lumut atau giok sumatera yang berasal dari Kecamatan Pulau Punjung, Dharmasraya, Sumatera Barat.

Daerah yang terkenal dengan harimau sumatera ini kabarnya memiliki batu akik yang banyak digunakan di jari para pengusaha, pejabat daerah dan pusat, dan juga para politisi. Bahkan, kabarnya Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga sempat menggunakan batu Sungai Dareh.

Batu akik sungai dareh banyak memiliki nama lain, misalnya saja batu lumut, giok Sumatera, giok gandi, atau sering juga disebut dengan batu lumuik.

Untuk sebutan giok Sumatera, sebenarnya artinya cukup luas yang tidak hanya untuk diperuntukkan kepada batu sungai dareh saja, juga pada batu lumut atau atau batu giok aceh yang jika di Negara Korea disebut dengan Jade.

Batu akik sungai dareh memiliki banyak keunikan dan keistimewaan tersendiri dengan corak yang khas dengan kekerasan yang standar setara dengan batu mulia berkualitas internasional. 

Batu ini juga memiliki tingkat kekerasan pada kisaran 7 skala mohs atau jika diperbandingkan sama dengan batu giok China yang sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu.

Untuk lebih mengetahui tentang batu akik jenis ini, simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Ciri-ciri Batu Akik Sungai Dareh

Jika kalian ingin mengetahui ciri khas dari batu sungai dareh, kalian dapat mengenalinya dengan beberapa ciri-ciri berikut ini:

• Batu ini memiliki warna hijau yang bervariasi

• Terkadang didalamnya terdapat seperti lumut hijau

• Memiliki tingkat kekasaran 7 skala Mohs

• Tidak mudah tergores

Manfaat Batu Akik Sungai Dareh

Bagi sebagian orang, batu ini dipercaya banyak memiliki khasiatnya, namun sejatinya kepercayaan itu mutlak hanya dimiliki oleh sang pencipta. Ada beberapa khasiat dari batu sungai dareh, diantaranya:

• Menjaga keselarasan dengan alam sekitar

• Menjaga keseimbangan emosional

• Menjaga stamina bahkan menjadikan tubuh menjadi lebih bertenaga

• Memiliki efek untuk menetralisir racun dari dalam tubuh

• Jika digunakan di luar ruangan atau aktivitas luar ruangan akan mampu menjaga diri pemakai (atas seijin Allah swt tentunya)

• Warna hijau pada sungai dareh bisa meningkatkan kinerja jantung, syaraf dan fisik secara keseluruhan.

• Berfungsi sebagai relaksasi, menghilangkan stress

• Menjadikan pemakai lebih bijaksana

• Melawan energi negatif dalam tubuh

Jenis Batu Akik Sungai Dareh

Sama halnya dengan jenis batu mulia yang lain maka jenis batu sungai dareh juga memiliki banyak jenis yang bisa dibedakan menurut warna, corak, karakter ataupun kualitasnya misalnya seperti jenis batu sungai dareh kumbang jati, sungai dareh pucuk pisang, sungai dareh kristal dan masih banyak jenis sungai dareh yang lain.

Ciri khas dari batu sungai dareh pucuk pisang adalah warna batu terlihat hijau agak kekuningan dan di dalamnya adanya belang hijau tua, dan ciri ini pastinya tidak ada pada batu sungai dareh jenis kumbang atau yang lain.

Tidak ada patokan khusus untuk menentukan harga batu sungai dareh karena harga tergantung dari kualitas batu, sedangkan di pasaran batu sungai dareh bisa dijual dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

Nah, itulah tadi informasi tentang batu akik anggur beserta manfaatnya bagi pengguna. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda seputar batu akik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya