Mengenal Batu Permata Aquamarine dan Fakta Uniknya


Selain batu safir, terdapat jenis batu alam yang memiliki warna sebiru lautan. Sesuai dengan namanya, batu aquamarine memang terlihat sebiru dan sebening lautan lepas.

Di indonesia, batu ini lebih dikenal dengan nama batu biru laut, dan merupakan salah satu jenis batuan mineral beryl. Jenis mineral inilah yang membuat batu ini berwarna biru jernih layaknya lautan. Dan perlu diketahui bahwa, dalam jajaran batu mulia, batu permata aquamarine menduduki posisi ke lima setelah batu intan, corundum, chrysoberyl, dan topaz.

Bentuk dan warnanya yang berkilau jika terkena cahaya membuat batu ini dibanderol dengan harga fantastis dan banyak diminati oleh para kolektor batu. Di indonesia sendiri, batu aquamarine yang asli jumlahnya sudah tak banyak di pasaran.

Untuk lebih mengetahui lebih dalam seputar batu aquamarine, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Asal Nama Aquamarine

Seperti berbagai benda unik lain yang ada di dunia yang namanya diambil dari kata dalam bahasa tertentu, aquamarine juga demikian. Pemberian nama yang indah didasari dari tampilannya yang seindah bagaikan air laut. Tak heran jika di Indonesia, jenis batu ini juga dikenal sebagai batu biru laut.

Ketahanan Batu Aquamarine

Selain cantik, batu permata aquamarine juga dikenal sebagai permata dengan tingkat ketahanan tinggi. batu permata ini bisa menjadi solusi alternatif untuk menggantikan berlian untuk cincin pernikahan, karena cukup kuat untuk digunakan setiap hari. Uniknya lagi, warna biru pada batu permata ini akan hilang jika dipanaskan hingga suhu 80 hingga 90 derajat Celcius.

Jenis-jenis Batu Aquamarine

Terdapat beberapa jenis batu permata aquamarine, antara lain:

• Aquamarine Cat’s Eye: Merupakan batu aquamarine yang bisa menampilkan efek mata kucing,  sebagaimana Chrysoberil (dua fenomena dalam satu batu).

• Aquamarine Bintang: Adalah batu aquamarine yang bisa menampilkan inklusi bintang ketika disinari dengan cahaya tunggal.

• Aquamarine Sintetis: Produksi Aquamarine sintetis yang telah dilakukan sejak tahun 1930-an bersamaan dengan ditemukannya cara membuat batu zamrud sintetis.

Manfaat Batu Aquamarine

Selain memiliki tampilan yang indah, ternyata batu permata ini juga menyimpan berbagai manfaat yang sangat menarik untuk diketahui. Berikut ini ulasannya,  antara lain:

• Meredakan sesak nafas

Buat Anda yang memiliki riwayat sesak nafas atau sakit paru-paru, Anda bisa mengenakan kalung bermata aquamarine yang efektif sebagai pereda sesak yang diderita. Ion dan energi pada batu permata ini akan dipancarkan ke tubuh, dan menghasilkan efek yang baik.

• Menghilangkan stres

Stres dan depresi adalah hal yang kerap dihadapi oleh seseorang dan tentunya dapat mengganggu kesehatan. Dengan adanya energi positif pada batu mulia ini, akan dapat meredakan bahkan menghilangkan rasa stres yang dialami.

• Meningkatkan kasih sayang

Batu permata aquamarine diyakini bisa meningkatkan kasih sayang terhadap pasangan. Kandungan ion pada batu aqua marine bisa memancarkan energi positif yang bisa meningkatkan jiwa optimis terhadap suatu hubungan. Hal inilah yang akan membuat Anda dan pasangan dapat lebih menyayangi satu sama lain.

• Memperbaiki gangguan penglihatan

Untuk anda yang memiliki gangguan penglihatan seperti mata lelah, mata rabun, minus hingga silinder, maka anda bisa menggunakan batu aquamarine untuk memperbaiki penglihatan anda menjadi normal kembali.

• Meningkatkan derajat sosial

Jika ingin memiliki derajat sosial yang tinggi di hadapan semua orang, bisa memanfaatkan batu permata aquamarine sebagai cincin. Hal ini akan membuat pandangan banyak orang akan tertuju pada Anda dan mengagumi betapa tingginya derajat sosial yang Anda  miliki.

• Pemikat hati

Keindahan batu aquamarine bisa membuka serta meningkatkan keindaha fisik penggunanya. Apabila Anda ingin memikat hati seseorang dengan kecantikan ataupun ketampanan, maka Anda dapat menggunakan batu permata aquamarine agar meningkatkan aura dan terlihat lebih menawan di hadapan orang.

Nah, itulah penjelasan mengenai batu permata aquamarine yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca. Sampai berjumpa di artikel menarik lainnya ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya