Sejarah dan Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli, Permata Terlangka di Dunia

Batu lapis lazuli merupakan batu permata yang memiliki kekerasan sekitar 5 hingga 5,5 skala Mohs dengan tampilan warna biru pekat dan lapisan keemasan diatasnya. Batu ini memiliki varian warna mulai dari biru tua, biru langit, ungu, dan lainnya.

Orang dahulu menyebutnya langit berbintang yang jatuh ke bumi. Analog ini dibaca dalam kasus-kasus ketika urat marmer putih diamati pada batuan ini. Lapis lazuli tergolong batu semimulia orde pertama yang dihargai karena kualitas dekoratifnya.

Nada biru yang tidak biasa, bitnik-bintik emas yang menambah orisinilitas membuat orang dapat merasakan kekuatan serta keajaiban khusus di batu itu.

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai apa itu batu lapis lazuli secara lengkap. Langsung saja yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Batu Lapis Lazuli

Awalnya, batu alam ini ditemukan secara tak sengaja. Di zaman kuno, marmer ditambang secara aktif, yang dimanfaatkan untuk bahan konstruksi dan juga dekorasi interior istama serta dekorasi patung.

Di zaman Mesir Kuno, lapis lazuli merupakan batu favorit untuk dijadikan jimat serta ornament seperti scarabs. Batu mulia ini juga digunakan di Mesopotamia Kuno oleh Sumeria, Akkadians, Asyur, dan Babel untuk perhiasan dan segel.

Perhiasaan berbahan lapis lazuli juga pernah ditemukan pada penggalian situs Mesir Predinastik Naqada (3300-3100 SM) dan tercatat bahwa bubuk lapis lapis lazuli juga digunakan sebagai eyeshadow oleh Cleopatra.

Lapis lazuli juga pernah dikenal sebagai safir, nama yang kini digunakan untuk penyebutan varietas batu korundum dan digunakan dalam pembangunan Taj Mahal di India.

Batu mulia lapis lazuli telah ditambang selama berabad-abad dan amsih digunakan hingga saat ini d lembah pegunungan terpencil Kokcha, Afghanistan. Walaupun terdapat sumber lain di seluruh dunia, namun Afghanistan masih menjadi produsen lapis lazuli dengan kualitas terbaik.

Ciri-Ciri Khas Batu Lapis Lazuli

Terdapat beberapa ciri khas batu lapis lazuli yang membedakannya dengan batu mulia lainnya. Kenali yuk, agar dapat mengetahui batu lapis lazuli yang asli.

• Memiliki warna yang tidak luntur

Jika anda menemukan batu yang begitu mirip dengan lapis lazurdi, lakukan pengujian dengan mencelupkan di dalam air panas. Lapis lazuli yang asli tentu tidak akan memudar warnanya.

• Permukaan tidak mudah tergores

Kamu juga dapat mengecek batu lapis lazuli dengan cara menggosoknya. Batu yang asli tidak mudah tergores, sedangkan lapis lazuli yang palsu aakan terlihat mudah baret dan tergores pinggirannya.

• Berat batuan tersebut

Batu lapis lazuli asli memiliki berat yang lebih jika dibandingkan dengan batu palsu dengan ukuran yang sama. Oleh sebab itu, anda dapat mengujinya dengan cara membandingkan beratnya.

Nah, itulah tadi penjelasan mengengai sejarah dan ciri-ciri batu lapis lazuli. Semoga artikel ini dapat berrmanfaat serta menambah wawasan bagi seluruh pembaca.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya