Daerah Penghasil Permata Terbesar di Indonesia


Batu permata adalah hasil mineral bumi yang terbentuk melalui proses geologi dengan kandungan sejumlah komponen kimia bernilai tinggi. Ada banyak varian permata yang banyak diminati orang hingga popularitasnya mencapai pasar global.

Lalu, daerah mana sajakah penghasil batu akik tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Bengkulu

Ketika mendengar Bengkulu, mungkin terbersit dibenak mu tentang bunga Rafflesia. Dengan nama yang sama, Bengkulu terkenal sebagai penghasil batu akik raflesia, yang merupakan salah satu batu permata langka. Batu tersebut memiliki beberapa varian warna seperti warna kuning, putih, bahkan merah. Lokasi penambangan permata ini berada di Muara Sahung.

Tak hanya itu, keberadaan sumber batu permata ini juga bertransformasi sebagai sumber inspirasi di dunia industri kreatif dan sukses menciptakan lapangan kerja bagi penduduk setempat.

2. Bireuen

Bila Anda ke Aceh, mungkin akan mendengar tentang batu giok Tiongkok. Namun tahukah kamu, batu permata yang satu ini ternyata asli produksi Kabupaten Bireuen dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Harganya relatif tinggi dan umumnya dipatok mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

3. Pacitan

Batu permata jenis kalsedon dengan warna beragam, mulai dari kuning, biru, hijau, hingga jingga dapat anda temukan ketika berkunjung ke Pacitan, Jawa Timur. Popularitas batu akik jenis ini cukup tinggi di kalangan para penggemarnya.

Selain Pacitan, sebetulnya kalsedon juga diproduksi di kawasan Sulawesi Tenggara dan Jawa Barat. Akan tetapi, Pacitan secara khusus menjadi produsen batu akik kalsedon dengan warna yang unik, seperti biru atau putih dengan gradasi keabu-abuan.

4. Pulau Kasiruta

Pulau ini menyimpan begitu banyak kekayaan alam yang melimpah dan di isi oleh satwa unik seperti burung kakatua. Disana Anda juga bisa menemukan batu bacan ketika mengunjungi Pulau Kasiruta, Maluku Utara. Harga olahan batu bacan ini bisa mencapai nominal jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

5. Solok Selatan

Jika  Anda menyukai batu permata dengan motif sedikit eksentrik, cobalah untuk berkunjung ke Solok Selatan di Provinsi Sumatera Barat. Disana kamu akan menemukan batu akik idocrase, yang memiliki saturasi warna hijau terang dan dilengkapi mozaik polkadot seperti lumut.

Batu permata ini akan berkilau ketika ditimpa cahaya matahari sehingga tak heran jika ketenarannya berhasil menembus pasar global.

6. Tanjung Bintang

Di daerah Lampung bagian selatan, jangan lupa berkunjung ke Tanjung Bintang untuk melihat batu bungur dengan kualitas tinggi. Batu permata yang satu ini berhasil menembus pasar global. Tempat ini dikenal karena produksi batu akik bangurnya yang memiliki keunikan warna.

Umumnya, tersedia beberapa varian warna pada batu permata ini seperti ungu bening dan cenderung transparan. Oleh sebab itu lah batu akik baungur ini juga disebut sebagai batu kecubung bungur.

7. Baturaja

Jika kamu tertarik dengan batu mulia berwarna ungu lavender, makan batu akik dari Baturaja bisa menjadi pilihan yang tepat. Bukan hanya tampilannya yang terlihat canyik, namun batu ini juga memiliki harga jual yang relatif tinggi. Bahkan kualitas batu ini juga sudah sangat teruji dan telah terbukti lewat kemenangan dalam berbagai kontes.

Itulah tadi beberapa daerah penghasil batu permata terbesar di Indonesia. Nah, jangan ngaku pecinta batu mulia jika tak tahu dimana surganya batu akik terbaik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya