Deretan Batu Mulia Termahal dan Langka


Kilauan yang dihasilkan batu mulia memang sangat menarik perhatian banyak orang bahkan telah banayk dilirik sejak jaman dahulu. Mulai dari warnanya yang pekat hingga hanya seutas sapuan warna lembut, banyak orang menggemarinya dnegan berbagai alasan.

Terdapat banyak sekali jenis-jenis batu mulia di dunia ini. Sebagiannya mungkin pernah kamu dengar dan sebagian lagi tidak pernah sama sekali. Komposisi yang beragam pada tiap-tiap batu mulia membuatnya hadir dengan keunikan dan keistimewaannya masing-masing.

Oleh sebab itu, tak heran apabila terdapat beberapa batu mulia yang memiliki harga yang fantastis. Apa saja itu? yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Berlian Biru


Berlian biru atau Blue Diamond adalah batu berlian alami yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu di bawah permukaan bumi. Warna biru pada batu mulia ini merupakan warna yang alami yang berasal dari kandungan boron dalam struktur karbonnya.

Terdapat beberapa variasi warna pada berlian  ini, mulai dari biru saja, biru keabuan, biru keunguan, dan biru kehijauan. Berlian berwarna biru merupakan jenis paling langka, apalagi warna yang lebih gelap. Warna biru yang semakin pekat menyebabkan harganya semakin mahal dan tergolong paling langka.

Berlian biru paling mahal yang pernah dijual lewat sebuah lelang adalah berlian biru bernama Oppenheimer senilai 57.5 juta dolar Amerika.

2. Jadeite


Batu mulai yang satu ini merupakan jenis batu giok paling murni, langka, dan juga memiliki warna paling cerah. Umumnya, batu jadeite dapat ditemukan dalam warna hijau, meskipun sebetulnya batu ini juga memiliki warna lainnya.

Jadeite sendiri adalah jenis batu yang terbuat dari dari mineral piroksen yang memiliki komposisi NaAlSi2O6. Batu mulia ini terbentuk dari mineral padat dengan berat jenis 3,4. Sebuah kalung bermata batu jadeite pernah dimiliki oleh seorang ahli waris berkebangsaan Amerika Barbara Hutton terjual dengan harga fantastis. Kalung yang bertahtakan 27 butir jadeite tersebut laku terjual seharga 27,44 juta dolar Amerika Serikat.

3. Berlian Merah Muda


Semua jenis berlian berwarna adalah batu mulia yang sangat langka, begitu juga dengan berlian merah muda. Batu mulia jenis ini didapat dari sebuah pertambangan Argyle di Australia. Jumlah berlian merah muda yang tersebar di dunia, mayoritas berasal dari Argyle.

Di sebuah lelang, berlian merah muda bisa mencapai 1 juta dolar per karatnya. Bahkan, batu mulia yang diberi nama ‘Bintang Merah’ dengan berat 59,60 karat, harganya bisa menyentuh 71,2 juta dolar atau 1,19 juta dolar per karatnya.

4. Ruby


Batu ruby adalah batu mulia yang tergolong dari famili batuan corundum, bentuk kristal dari aluminium oksida. Batu mulia ini memiliki warna yang pekat seperti darah yang berasal dari elemen kromium, sedangkan warna lain dari batu ini seperti merah muda, biru, atau kuning di sebut safir.

Batu ruby akan semakin mahal apabila intensitas warnanya semakin pekat, selain faktor lain seperti kejernihan, potongan, serta kadar karatnya. ‘The Sunrise Ruby’ adalah jenis ruby yang pernah dilelang Sotheby Geneva seharga 30 juta dolar yang artinya harga per per karatnya adalah $1,18 juta.

5. Berlian Merah


Sama halnya dengan semua berlian yang berwarna, berlian merah juga merupakan jenis berlian yang langka. Hingga saat ini belum ditemukan teori pasti dirimana warna merahnya berasal. Namun, ada satu teori yang bisa diterima yakni dalam pembentukan berlian terdapat deformasi plastis pada struktur kisi kristalnya.

Berlian merah termasuk dalam batu mulia sangat langka dan menjadikannya memiliki harga yang cukup fantastis yaitu mencapai 1 juta dolar Amerika per karatnya.

Nah, itulah tadi 5 deretan batu mulia termahal dan juga langka yang ada di dunia. Dari semua yang dijelaskan diatas, yang manakah batu mulia yang menjadi nimpianmu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya