Mengenal Moissanite dan Perbedaannya dengan Berlian


Berlian memang merupakan jenis permata yang paling banyak diidam-idamkan orang, terutama kaum perempuan. Tak butuh waktu lama untuk orang bisa menyukai berlian.

Walaupun dibanderol dengan harga tinggi, peminatnya tetap banyak karena batu permata yang satu ini memiliki bentuk yang memukau, warna yang elegan, serta sinar yang terang. Berlian juga dapat dipadukan ke berbagai perhiasan dan dapat digunakan dalam berbagai acara atau kesempatan.

Popularitas dan permintaan terhadap batu permata ini mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Namun karena memang cukup langka, harganya juga sangat mahal

Oleh sebab itu, banyak batu mulia yang di bentuk semirip mungkin dengan berlian sebagai alternatif untuk orang  Baru-baru ini, terdapat jenis perhiasan yang memiliki fisik sngat mirip dengan berlian, namun bukan termasuk jenis berlian, yakni batu moissanite.

Sekilas memang berlian dan moissanite terlihat begitu mirip sehingga sulit untuk dibedakan. Lalu, apa yang menjadi pembeda antara keduanya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Perbedaan Batu Moissanite dan Berlian

Agar tidak salah dalam mengenali antara berlian dengan batu moissanite, berikut ini beberapa hal yang perlu dipahami, antara lain:

• Ketahanan batu mulia

Alat pengukur ketahanan batu mulia dari goresan adalah Mohs Scale. Skor ketahanan batu mulia pada Mohs Scale adalah 0 hingga 10, yang mana angka 10 tersebut menunjukkan angka sempurna. Sebagai alternatif batu berlian, moissanite memiliki ketahanan yang lebih rendah jika dibanding berlian asli.

Moissanite memiliki daya tahan dengan skor 9,25 skala Mohs, sementara berlian memiliki ketahanan sempurna, yakni 10 skala Mohs.

• Pancaran Cahaya

Jika ditempatkan di bawah sinar matahari, pada moissanite biasanya akan muncul efek warna pelangi yang dipantulkan dari batunya. Sebaliknya, jika berlian ditempatkan di bawah sinar matahari, sinarnya akan lebih terang dan menyala tanpa ada efek warna tertentu yang dihasilkan.

• Warna

Baik moissanite maupun berlian, keduanya memiliki grade warna yang "colorlesss." Namun jika diperhatikan lebih detail, grade warna "colorless" yang dimiliki kedua jenis batu mulia ini ternyata cukup berbeda.

Moissanite hadir dengan grade colorless dengan sedikit pendar rona kuning atau abu-abu, terutama ketika dilihat di bawah cahaya tertentu. Bahkan moissanite yang berukuran cukup besar dapat menampilkan rona abu-abu atau kuning tersebut lebih jelas. Sementara itu, berlian memiliki grade warna colorless yang bercahaya terang dengan sempurna.

• Harga

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa moissanite merupakan alternatif batu permata yang dipakai sebagai pengganti berlian yang harganya mahal. Dari sana kita kapat menyimpulkan bahwa moissanite dibanderol dengan harga lebih murah dibandingkan berlian.

Penentuan harga batu moissanite dilihat dari berat atau ukuran serta jenis batunya, sementara penentuan berlian tidak demikian. Harga berlian dilihat berdasarkan empat kriteria yang dikenal dengan 4C, yakni Color, Clarity, Cut dan Carat. Selain itu, harga berlian juga ditentukan oleh ukurannya.

Jika diperhatikan dari sisi produksinya, berlian dibanderol dengan harga yang fantastis karena proses pembentukannya yang memakan waktu lama hingga menyebabkan terjadinya kelangkaan.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu berminat untuk memiliki batu moissanite ini?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya