Jangan Sampai Salah, Berikut Cara Mengenali Berlian Hitam


Berlian hitam mempunyai keistimewaan tersendiri jika kamu ingin menggunakannya sebagai perhiasan. Berlian adalah salah satu batu alam termahal yang ada di dunia. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui ciri-cirinya karena berlian hitam palsu adalah hasil treatment radiasi dari berlian putih kualitas rendah.

Black diamond atau berlian hitam adalah jenis batu mulia yang banyak ditemukan di Afrika Tengah, yakni negara yang terkenal dengan satwa Gajah Afrika. Batu ini terbentuk secara alami di dalam perut bumi selama ribuan tahun dengan suhu yang sangat tinggi. Oleh karena itu, daya tahan berlian hitam sudah tidak perlu diragukan lagi.

Batu berlian hitam terbentuk selama ribuan bahkan jutaan tahun lamanya di dalam inti bumi secara alami dalam suhu dan tekanan yang sangat tinggi, hingga mampu menghasilkan material kristal alam yang sangat keras dan kuat dengan tingkat kekerasan hingga 10 Mohs.

Namun, apakah kamu telah mengetahui ciri-ciri berlian hitam yang asli? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Keras

Berlian adalah batu paling keras yang ada di perut bumi. Jika, berlian rusak atau terbelah saat terkena benturan ringan, maka bisa dipastikan jika berlian tersebut merupakan berlian palsu.

2. Memiliki Variasi Warna

Selain hitam, berlian juga terdiri dari berbagai macam warna. Berlian berwarna pink, biru, dan kuning merupakan jenis berlian yang sangat langka. Jadi, kamu jangan sampai tertipu ketika penjual perhiasan mengatakan berlian yang dijual yaitu berlian langka namun memiliki warna selain pink, kuning, dan biru.

3. Bisa Menggores Benda Apapun

Berlian mampu menggores benda apapun karena merupakan benda terkeras di Bumi. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menguji keaslian berlian yaitu dengan menggoreskan berlianmu ke kaca. Jika kaca tersebut tergores dan berlianmu tidak mengalami goresan atau baret sedikit pun, maka bisa dipastikan jika berlian tersebut asli.

4. Pencerminan Tidak Jelas

Jika ingin menguji keaslian berlian dengan cara lain, kamu bisa meletakkannya di atas koran. Apabila berlian yang kamu miliki asli, maka tulisan di koran tersebut terlihat samar atau tidak begitu jelas. 

Sebaliknya, jika meletakkan berlian palsu di atas koran, makan tulisan tersebut akan terlingat beitu jelas. Hal itu dikarenakan berlian palsu terbuat dari kaca sehingga membuat refleksi benda di balik berlian palsu terlihat dengan jelas.

5. Tidak Bisa Berkabut

Cobalah hembuskan nafasmu ke berlian. Jika kabut pada berlianmu menghilang dengan cepat, maka berlian tersebut merupakan berlian asli. Sedangkan, jika kabut bertahan selama beberapa saat pada berlianmu, maka dapat dipastikan berlian tersebut merupakan berlian palsu.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang berlian hitam dan ciri-ciri nya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi seluruh pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya