Rekomendasi Jenis Batu Alam untuk Mempercantik Dinding Rumah


Ingin mendesain eksterior rumah dengan material batu dan bernuansa alami? Jangan asal pilih, ya. Pastikan kamu telah mengetahui jenis batu alam yang akan digunakan.

Batu alam merupakan jenis bebatuan alam yang berasal dari proses ilmiah. Penggunaan batu alam banyak dijumpai sebagai bahan konstruksi bangunan , perumahan, gedung-gedung, dan masih banyak lagi.

Selain itu, batu alam juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture seperti kitchen set, meja, dan masih banyak lagi. Bukan tanpa alasan, batu alam memang dikenal dengan kualitas derta daya tahannya yang sangat kuat.

Itulah sebabnya, batu alam umum digunakan sebagai material konstruksi. Untuk mengetahui tentang jenis batu alam untuk dinding rumah, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Batu Palimanan

Batu palimanan merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan material konstruksi. Jenis batuan ini memiliki tekstur agak berkontur dan berwarna abu-abu kecoklatan. Batu palimanan berasald ari Kecamatan Palimanan, Cirebon dan diproduksi dari Gunung Ciremai.

Batu yang satu ini banyak diminati karena daya tahannya yang sangat kuat dan awet, sehingga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Batu palimanan sering digunakan sebagai dinding pagar rumah ataupun dinding pada teras rumah.

2. Batu Granit

Batu granit merupakan batuan beku yang terdiri atas kuarsa, feldspar,amfibol, mikas, dan beberapa campuran mineral lainnya. Karena campuran mineral-mineral ini, batu granit memiliki banyak sekali variasi warna dan tekstur.

Batu jenis ini dikenal dengan kualitas dan ketahanannya yang sangat baik. Berbeda dengan batu marmer yang kurang cocok digunakan sebagai lantai, batu granit menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai lantai karena memiliki permukaan yang tidak begitu licin dan juga sangat kuat.

3. Batu Paras Jogja

Batu jenis ini menjadi pilihan batu alam yang cocok digunakan sebagai dinding rumah. Batu paras jogja memiliki tampilan yang sangat modern dan berwarna abu-abu terang. Batu alam jenis ini memiliki permukaan yang cukup kasar.

Perlu diketahui bahwa batu alam jenis ini memerlukan perawatan khusus. Apabila tidak dilakukan perawatan yang tepat, batu paras jogja akan cepat berlumut. Namun tak perlu khawatir, jika berlumut kamu hanya perlu membersihkannya dengan menggosoknya menggunakan lap.

4. Batu Koral

Batu koral merupakan jenis batu alam yang sering digunakan sebagai lantai pada kamar mandi, kolam, atau jalan setapak taman. Batu jenis ini berukuran kecil dengan permukaan yang halus. Batu koral ternyata juga dapat digunakan sebagai dinding rumah. Kamu bisa menggunakannya sebagai pelapis dinding untuk menghasilkan tampilan dinding yang sangat natural.

5. Batu Sabak

Batu sabak juga dikenal dengan batu kali dan dapat menjadi pilihan jenis batu alam untuk dinding rumah kamu. Batu jenis ini memiliki daya tahan yang kuat sehingga sangat cocok digunakan sebagai material konstruksi.

Tak hanya itu, batu sabak juga tersedia dalam bentuk lempengan yang tipis sehingga sangat mudah dijadikan sebagai lapisan dinding. Batu sabak memiliki tampilan warna abu-abu gelap dan juga berkontur.

Nah, itulah informasi seputar jenis batu alam yang bisa menjadi pilihan kamu untuk dinding rumah modern. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya