Mengenal Jenis dan Manfaat Batu Pandan

 

Indonesia memang terkenal akan potensi dan kekayaan sumber daya alam yang melimpah ruah. Salah satu kekayaan tersebut seperti batu mineral atau batu akik yang banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Berbicara tentang batu akik, tentu Kamu tidak boleh melewatkan jenis batu asal Jakarta, yakni batu pandan. Konon, batu ini sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Maka tak heran jika banyak suku betawi atau penduduk asli Jakarta banyak yang mengoleksi jenis batu pandan.

Untuk mengenal lebih dalam tentang batu pandan, berikut ini kamia kan menyajikan jenis-jenis dan manfaat batu panda yang bisa Kamu ketahui. Simak sampai habis ya…!

Jenis-Jenis Batu Pandan

1. Batu pandan sutera


Varian batu pandan ini merupakan jenis yang langka dengan ciri yaitu serat batu di dalamnya, seperti benang sutra yang berbaris sejajar dan memotong garis horizontal . Secara visual keindahan batu ini tidak diragukan lagi.

2. Batu pandan merah


Varian jenis batu akik lainnya yaitu pandan merah, yang mana batu ini memang menunjukkan karakter warna merah tua dan sedikit memiliki warna kehitaman dan merupakan tahapan dari jenis batu

Untuk mendapatkan warna merah ini tergolong sulit, karena selain dari bahan dasar awal perlu ada proses perawatan yang benar dan juga berkala, serta usia dari jenis batu ini yang juga sangat menentukan kualitas batu.

3. Batu pandan kapas


Batu pandan kapas merupakan urutan yang paling diperhitungkan dari berbagai macam jenis batu pandan. Sebab, jenis batu ini merupakan cikal bakal atau awal dari batu akik pandan.

Jika diperhatikan, tampilan fisiknya menyerupai gumpalan gumpalan awan. Apabila dirawat dengan benar,  maka akan menimbulkan perubahan warna pada batu yang akan menambah keindahannya

4. Batu pandan nanas


Warna varian yang ditampilkan pada jenis batu akik pandan nanas ini adalah kuning cerah dan hampir kemerahan. Apabila kita perhatikan secara seksama, jenis batu pandan ini menyerupai warna daging buah nanas.

Jika Kamu merawat batu akik pandan nanas dengan benar, maka batu ini juga bisa berubah warna ke arah kemerahan.

5. Batu pandan lumut


Untuk varian jenis ini sering juga dinamakan dengan batu pandan hijau karena secara visual warna seratnya menyerupai lumut hijau. Hal inilah yang menandakan bahwa varian ini memiliki usia yang  lebih tua jika dibandingkan dengan  varian batu pandan lainnya.

Jenis ini biasanya memiliki nilai tinggi di kalangan para kolektor pecinta batu pandan, karena untuk menemui batu ini memang cukup sulit di pasaran.

6. Batu pandan oli


Seperti namanya, varian yang ditampilkan pada batu ini memang tampak seperti oli yaitu hitam kecoklatan.  Untuk mendapatkan varian jenis ini di pasaran juga terbilang sulit, karena harus menunggu waktu yang lama.

Manfaat Batu Pandan

Jika Kamu telah mengetahui beberapa jenis batu pandan, Kamu tentu harus mengetahui manfaat dari batu asal Jakarta ini. Adapun manfaat dari batu ini, yaitu:

1. Untuk menambah daya tarik

2. Pengasihan atau pemikat

3. Untuk menambah keharmonisan dalam hubungan rumah tangga dan pertemanan

4. Sebagai media untuk pengobatan secara fisik, diantaranya untuk membantu meringankan beberapa penyakit seperti penyakit, ginjal, paru-paru, asma, panyakit tulang dan lain-lain.

Demikianlah informasi seputar jenis-jenis dan manfaat dari batu pandan yang bisa kami sajikan. Perlu dingat, terlepas dari kepercayaan sebagian orang akan khasiat batu pandan, jenis ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai perhiasan seperti mata cincin, kalung, liontin atau jenis perhiasan lain. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya