Mengenal Fakta Menarik Batu Diorit

 

Batuan adalah salah satu unsur yang terdapat di planet Bum. Di antara jenis batuan yang terdapat di Bumi ialah batu diorit. Mungkin Sebagian sudah pernah mendengar nama batu ini, namun sebagian lagi barangkali masih asing.

Baiklah, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai batu diorit, yakni tentang Pengertian, proses pembentukannya maupun manfaatnya.

Pengertian

Batu diorit ini adalah batuan beku yang kasar atau sedang. Batu diorit berwarna gabungan antara warna abu- abu dan pun warna hitam dan biasanya mempunyai corak tertentu yang nampak hitam putih.

Batu diorit adalah salah satu dari jenis batuan beku yang tersusun antara batu granit sampai batu gabro atau batu basal.Batu diorit ini biasanya terbentuk di atas lempeng konvergen dimana subduksi lempeng samudera menyusup ke bawah lempeng benua.

Proses Pembentukan

pembentukan batu diorit terjadi melalu sebuah proses. beberapa proses terbentuknya batu diorit antara lain sebagi berikut:

  • Terjadi proses difusi magma basaltik dan pun magma granit yang bakal naik di lempeng benua baik secara dike maupun sill.
  • Lelehan ini bakal mengkristal secara lambat dan lantas membentuk batu yang dikenal dengan batu diorit.
  • “Partial melting” dari lempeng samudera bakal menghasilkan magma basaltik yang naik dan mengintrusi batuan granit yang terdapat di lempeng benua.Lelehan ini bakal mengkristal secara lambat dan lantas membentuk batu yang dikenal dengan batu diorit.

Manfaat

Ada beberapa manfaat batu diorit yang bisa digunakan diantaranya adalah sebagai berikut.

    1.   Bahan Bangunan Gedung

Batu diorit seringkali di tambang untuk digunakan sebagai bahan campuran yang nantinya akan dihancurkan untuk membuat bangunan gedung sebab batu ini sangat kuat dan bisa merekatkan berbagai kombinasi bahan bangunan sehingga bisa lebih solid sehingga manfaat pondasi rumah dari batu diorit ini akan lebih kuat.

    2. Ornamen atau Hiasan Dinding

Batuan digunakan sebagai batuan ornamen dinding di dalam maupun luar rumah seperti dinding ruang makan dan juga dekat kolam ikan. Batu diorit ini sangat cocok digunakan sebagai ornamen dinding karena tekstur dan bentuknya yang cukup indah.

    3. Perhiasan

Batu diorit juga sangat cantik jika digunakan sebagai batu perhiasan atau gemstone dimana batu diorit ini akan diolah dan dipotong menjadi cabochons yang sering disebut dengan batu pink marshmallow sehingga terlihat sangat indah.

    4. Bahan Pembuatan Lantai

Manfaat batu diorit adalah untuk bahan dasar pembuatan interior bangunan. Warna yang dihasilkan dari batu diorit ini juga akan terlihat indah khususnya jika sudah dihaluskan dan diasah sehingga membentuk lembaran yang nantinya akan dipotong potong menjadi ubin indah berwarna alami. Penggunaan batu diorit sebagai lantai bisa digunakan sebagai lantai anak tangga, ubin lantai dan juga dinding.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya