Mengenal Fakta Menarik Batu Lempung

Batu lempung adalah batuan sedimen terbentuk dari pelapukan dan erosi tanah. Mineral lempung merupakan bagian integral dari batuan lumpur, dan mewakili konstituen paling melimpah pertama atau kedua berdasarkan volume, karena ada 35 spesies mineral lempung yang dikenal di bumi.

 Ciri - Ciri Batu Lempung

Ciri batu lempung adalah biasanya di temukan di daerah sungai atau danau. Berwarna coklat, abu - abu, keemasana dan berwarna merah.

Proses Pembentukan

Batu lempung terbentuk dari residu dan lempung sedimen. prosesnya adalah pelapukan batuan beku. Setelah melewati pelapukan, mengalami perubahan kimia, fisika dan biologi batuan sedimen kemudian menjadi batu lempeng.

Jenis Batu Lempung

Ada beberapa jenis batu lempung dibedakan berdasarkan mineral yang menyusunnya.

1.   Kaolinit

Batu kaolinit tersusun atas kepingan silika tetrahedra dan aluminium oktahedra. Kedua mineral ini termasuk ke dalam kategori kaolin yang terdiri atas kepingan silika tetrahedra dan kepingan aluminium oktahedra.

Kedua kepingan mineral tersebut adalah sebuah ikatan hidrogen yang kuat dan stabil. Hal ini membuatnya solid dan stabil sehingga air tidak dapat masuk di antara kepingan dan tidak dapat membuat kepingan menyusut.

2.   Halloysit

Mineral ini memiliki kemiripan dengan kaolinit namun memiliki ikatan yang lebih random dan mengandung molekul air di dalamnya. Halloysit memiliki sifat dasar yaitu bentuk partikelnya seperti silinder yang memanjang.

3.   Montmorillonit

Mineral ini terbentuk dari proses sedimentasi alkali. Memiliki ukuran kristal yang kecil namun gaya tariknya terhadap air kuat sehingga air dapat memisahkan kepingan.

Manfaat Batu Lempung

Manfaat batu lempung antara lain adalah:

1.   Bahan dasar kertas

Batu lempung memiliki kandungan mineral kaolinit yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan dasar yang baik dalam pembuatan kertas. Batu lempung banyak ditemukan di sekitaran dataran rendah yang deket dengan air sehingga bisa di gunakan untuk menjadi bahan dasar kertas.

2.   Membantu proses pengeboran

Batu lempung bisa digunakan sebagai lumpur yang membantu dalam proses pengeboran pada minyak bumi. Batu lempung yang digunakan untuk keperluan yang satu ini adalah yang berasal dari abu vulkanis. Batu lempung yang terbentuk dari lempung residu dan lempung sedimen yang terapat di sekitaran planet bumi.

3.   Bahan membuat semen

Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan keramik, batu lempung juga dapat dimanfaatkan untuk membuat semen, batu bata, agregat ringan lainnya. Selanjutnya, manfaat dari batu lempung adalah untuk membuat bahan campuran semen karena mempunyai unsur yang kuat.

4.   Penyerap cairan

Batu lempung yang berasal dari abu hasil letusan gunung api dapat digunakan untuk menyerap cairan yang ada pada kandang binatang ternak. Batuan yang terbentuk melalui pengendapan di sungai biasanya dapat bermanfaat untuk mengurangi caira terlebih karena mengandung unsur-unsur serapan.

5.   Bahan dasar keramik

Batu lempung dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan keramik (ubin), orselen dan gerabah. Yang menyebabkan terjadinya pengendapan pada batuan sedimentasi ni dapat membentuk ubin yang banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia sehingga bisa dimanfaatkan untuk dasar pembuatan keramik.

Demikian informasi mengenai batu lempung untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya