Mengenal Fakta Menarik Batu Milonit


Batu Milonit adalah batuan malihan yang di hasilkan oleh proses rekristalisasi mineral-mineral pokok sehingga menyebabkan pengurangan ukuran butir-butir batuan.

Ciri-ciri batu milonit  adalah butirannya halus, dapat di belah dan warnanya abu-abu, kehitaman,coklat, biru. Contoh batu milonit adalah augen milonit, blastomilonit dan biasanya manfaatnya adalah sebagai bahan kerajinan

Nah, dibawah ini akan dibahas fakta menarik tentang batu milonit.

Pengertian Batu Milonit Menurut Para Ahli

1.    Sand Atlas, Mylonite adalah batuan metamorf foliasi yang tersusun dari mineral yang sangat rata dalam matriks bergaris halus.

2.    National Building Stone Database, Milonite adalah batuan metamorf yang dibentuk oleh deformasi elatis protolit dengan regangan geser yang besar. Ciri khas milonite adalah pengurangan ukuran butir melalui deformasi kristal-plastik yang menghasilkan batuan dengan foliasi kuat yang dihasilkan oleh struktur pita.

Kristal yang lebih besar di dalam milonit adalah porfiroklas yang merupakan butiran ulang yang mengalami pengurangan ukuran butiran lebih kecil dari matriks di sekitarnya.

3.    World of Stone, Milonite adalah butiran halus, batuan metamorf kompak yang dihasilkan oleh rekristalisasi dinamis mineral penyusun yang menghasilkan pengurangan ukuran butiran batuan. Milonite dapat memiliki banyak komposisi mineralogi yang berbeda; itu adalah klasifikasi berdasarkan penampilan tekstur batu.

Asal Usul Terbentuknya Batu Milonit

Batu milonite terbentuk jauh di dalam kerak di mana suhu dan tekanan cukup tinggi bagi batuan untuk terdeformasi plastis (deformasi elastis). Milonite terbentuk di zona geser di mana batuan terdeformasi karena laju regangan yang sangat tinggi.

Milonite mengandung porphyroclasts yaitu kristal yang ada sebelum proses milonitasi dimulai, dan telah bertahan dengan banyak kerusakn regangan. Berbentuk bulat telur dan di kelilingi butiran mineral yang lebih halus dan lebih berbutir-butir.

Karakteristik Batu Milonit

·         1 Asal                                                  :  Metamorfisme dinamik

·         2 Warna                                               : Abu-abu, kehitaman, coklat, biru

·         3 Ukuran butir                                    : Fine grained

·         4 Struktur                                            : Non foliasi

·         5 Komposisi                                        : Kemungkinan berbeda untuk setiap batuan

·         6 Kadar senyawa                                 : luminium Oksida, Kalsium Sulfat, Kromium (III) Oksida

·         7 Derajat metamorfisme                     : Tinggi

·         8 Ciri khas                                           : Dapat dibelah-belah

Manfaat Batu Milonit

1.     interior

batu milonit berguna untuk arsitektur, baik penggunaan interior ruangan agar tampak indah. Untuk penggunaan interior, batu milonit digunakan untuk dekorasi interior.

2.    eksterior

Untuk keperluan eskterior, batu milonit dapat digunakan sebagai batu bangunan, batu paving, hiasan taman, dan lain-lain. Sehingga dalam penggunaan batuan jenis ini seringkali diburu oleh orang karena mempunyai segudang manfaat yang ada.

3.     industri kontruksi

batu milonit bermanfaat dalam industri konstruksi, yaitu agregat jalan, batu jalan, dan lain-lain.

4.     Membuat barang kuno

batu milonit bergunan untuk bahan membuat barang-barang kuno, seperti artefak dan monumen.

5.     Penggunaan komersial

batu milonit bermanfaat untuk kontruksi dan keperluan komersial, batu milonit memiliki nilai komersial untuk membuat karya seni, batu permata dan perhiasan sehingga batu milonit di manfaatkan sebagai keindahan.

Nah, itulah pembahasan fakta menari tentang batu milonit. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya