Uniknya Batu Pirus yang Hanya Ditemukan di Daerah Kering

Batu Pirus atau turquoise merupakan salah satu jenis batu permata berwarna toska dan tidak tembus cahaya. Warna batu ini cukup unik dan indah dan batu ini tidak bening.

Kali ini akan membahas tentang batu pirus atau turquoise. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Asal Batu Pirus

Batu pirus hanya ditemukan di daerah kering dan tandus, asam, air, tanah dan tembaga merembes kebawah selanjutnya bereaksi dengan mineral yang mengandung fosfor dan alumunium. Pirus jarang sekali ditemukan di bumi.

Pirus memiliki kotoran tembaga berwarna biru dampai hijau mineral, tidak bening seperti batu mulia lainnya. Pirus tertua di temukan di makam Mesir kuno. Makam tersebut dibuat tahun 4000 SM.

Ciri-Ciri Batu Pirus

  • Warna : Biru sampai hijau
  • Kandungan : Pirus (Turquoise) dengan komposisi kimia CuAl6(PO4)4(OH)84H2O
  • Bentuk : Seperti batu kali dengan permukaan halus
  • Indeks Bias : 1.610-1650
  • Berat Jenis :  2,76 (+0,14, -0,36)

Khasiat Batu Pirus

  • Pirus dimanfaatkan sebagai perhiasan di peradaban-peradaban kuno, seperti : Sungai Indus, Aztec, China, dan Mesir kuno. Pirus juga dipergunakan untuk menghias beragam senjata, juga dipergunakan untuk mempercantik bangunan.
  • Dalam dunia mistik, pirus digunakan untuk meningkatkan daya tarik pemakainya dan juga untuk memelihara kesehatan.
  • Digunakan sebagai batu kelahiran bulan Desember.

Jenis-Jenis Batu Pirus

1. Carico Lake Turquoise

Carico Lake Turquoise adalah jenis batu pirus yang dihasilkan oleh sebuah tambang di daerah Lander County, Nevada, Amerika Serikat. Memiliki warna toska cenderung lebi ke hijau tua.Memiliki motif seperti sarang laba-laba dan merupakan batu pirus terlangka karena sulit mendapatkannya.

2. Dry Creek Turquoise

Dry Creek Turquoise ditemukan di daerah Lander County, Nevada, Amerika Serikat tepatnya di tambang Godber-Burnham. Tambang ini merupakan salah satu tertua. Batu pirus jenis ini memiliki warna biru terang sedikit urat cokelat yang gelap.

3. Red Mountain Turquoise

Salah satu jenis Batu pirus yang memiliki motif yang paling bagus dengan harga yang cukup mahal. Warna batu pirus ini adalah warna biru toska dengan banyak goresan cokelat yang menyerupai urat dan motifnya seperti sarang laba- laba.

4. Golden Hill Turquoise

Jenis batu ini baru muncul di pasaran. Batu pirus ini tidak berasal dari Amerika Serikat, namun dari Kazakhstan yaitu di tambang Altyn-Tyube. Memiliki warna biru langit dengan sedikit campuran putih serta goresan cokelat.

5. Ithaca Peak Turquoise

Batu ini di temukan di dekat tambang Kingnam, Arizona, Amerika Serikat, tepatnya dipegunungan Cerbet di daerah Mohave County. Warnanya adalah biru langit yang indah.Kandungan pirit di dalamnya lebih tinggi dibandingkan jenis yang lain.

Sleeping Beauty Turquoise

Sleeping Beauty Turquoise atau Pirus Puteri Tidur merupakan jenis batu pirus yang paling bisa dibedakan dari jenis yang lain yang ada di Amerika Utara. Jenis batu ini ditemukan di daerah tambang yang letaknya di Sleeping Beauty Mountain.

Demikianlah ulasan tentang batu pirus. Semoga bermanfaat ya guys! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya