Mengenal 5 Jenis Batu Akik Kalimantan yang Fenomena

Batu akik sempat viral dan menjadi fenomena yang luar biasa di kalangan masyarakat. Harganya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga mencapai puluhan juta rupiah. Karena banyak peminatnya muncul banyak penjual akik, khususnya jenis dari Kalimantan.

Kali ini akan membahas batu akik Kalimantan yang fenomena. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Batu Kecubung Sempalai

Batu kecubung ini masih sejenis dengan batu kecubung, akan tetapi batu  ini berasal dari kabupaten Sambas dan mulai ngetrend baru-baru ini.

Batu ini juga pernah dipertandingkan di kontes-kontes nasional akan tetapi masih kalah pamor dengan batu dari luar seperti bacan dan lainnya.

Batu Kecubung

Batu kecubung atau ametis merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda. Konon, warna-warna itu sering dipakai oleh para raja, ratu dan juga anggota keluarga. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung.

Batu Kecubung Biru Laut

Pulau Kalimantan juga memiliki jenis batu akik yang warnanya merah dan terlihat manis. Warna batu kecubung biru laut adalah biru muda berbeda dengan batu kecubung lainnya.

Batu ini adalah batu jenis premium dan harganya pun sangat mahal. Untuk ukuran kecil saja bisa mencapai jutaan. Batu ini dalam dunia batu akik biasa disebut sebagai batu “Aqua Marine” dan sudah terkenal diseluruh dunia.

Batu Kecubung Karang

Batu Kecubung Karang merupakan salah satu batu akik dari Kalimantan yang tak kalah populer dari lainnya.

Dinamakan batu kecubung karang, karena di dalam batu ini biasanya terdapat motif karang. Untuk itu penamaannya sesuai dengan motif yang dikeluarkan oleh akik satu ini.

Red Borneo

Batu ini memiliki beragam warna berasal dari Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ini memiliki beragam warna, yang paling populer ialah warna merah sehingga ia dijuluki "Ruby" nya Kalimantan.

Batu Red Borneo konon mengalahkan pamor batu Bacan dari Maluku Utara, di mana harganya cukup tinggi. Batu akik yang sedang naik daun ini lalu membuat para penggemar batu akik berbondong-bondong memburu batu Red Borneo kualitas terbaik untuk menambah koleksi mereka.

Batu ini memiliki ciri khas dengan motif bercak atau corak warna kombinasi hitam. Namun, semakin sedikit bercak pada batu Red Borneo, maka menunjukkan batu itu berkualitas tinggi.

Batu Red Borneo yang semakin merah warnanya, maka harganya akan semakin mahal. Batu ini bukan termasuk jenis Ruby, sehingga penilaiannya tidak dilihat dari kristalisasi atau kejernihan batu, melainkan kepekatan warnanya.

Demikianlah informasi mengenai batu akik kalimantan yang fenomena. Selamat membaca dan semoga artikel ini bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Jenis dan Ciri-Ciri Batu Kecubung

Mengenal Keindahan Batu Marmer, Material Mahal Segudang Fungsi

Batu Apung: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Proses Terbentuknya